Rahasia-Cara-Menambah-View-Youtube-dalam-Waktu-Singkat
Rahasia-Cara-Menambah-View-Youtube-dalam-Waktu-Singkat

Dunia Cerita – Saat ini banyak sekali orang yang menghasilkan uang dari video-video yang mereka upload ke Youtube, bahkan ada orang yang menghasilkan uang puluhan juta hingga ratusan juta rupiah per bulan.

Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube

Jika anda ingin mendapatkan uang dari Youtube maka anda harus mengupload konten video yang unik dan menarik ke Youtube. Peluang anda mendapatkan penghasilan akan semakin besar seiring banyaknya viewer. Anda juga mau kan? Lantas, dari manakah uang tersebut?

Berikut gambarannya, berbagai jenis video bisa anda temukan di Youtube, mulai dari video tutorial, video musik, video berita, video lucu, video teknologi, video cuplikan film, dan masih banyak lagi video lainnya. Saat anda mengunjungi salah satu Video di Youtube seringkali anda menjumpai iklan di sana, baik itu di bagian videonya ataupun di bagian sidebar. Iklan tersebut biasanya tampil pada video-video yang jumlah viewsnya cukup banyak. Penghasilan pemilik video berasal klik iklan atau jumlah views iklan yang muncul di video tersebut.

Berikut ini yang perlu anda lakukan agar bisa menjadi mitra Youtube dan menghasilkan uang dari layanan mereka. Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Membuat Akun YouTube

Silahkan daftar email dari google (gmail). Jika anda sudah memiliki anda bisa login ke akun Google anda (gmail), setelah itu buka situs www.youtube.com. Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube. Anda bisa gunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti anda akan diarahkan ke halaman baru.

2. Upload Video Secara Rutin

Rajinlah mengupload video, anda perlu terus update video. Youtube sendiri menginginkan kerjasama jangka panjang dengan para mitranya dan Youtube sangat menghargai mereka yang secara teratur mengupload video baru.

3. Pastikan Video Anda Tidak Melanggar Hak Cipta

Untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube, konten video anda haruslah original. Konten video ini harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai backsound. Semakin banyak video yang di-upload ke Channel Anda, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube. Ingat, jangan pernah mengunggah materi video yang melanggar hak cipta orang lain ke dalam Channel Youtube anda karena hal tersebut bisa membuat akun anda bermasalah di kemudian hari. Tentu anda tidak ingin kalau akun anda dibanned bukan?

4. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Anda

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube. Diantaranya adalah:

  • Seringlah mengupload video yang bermanfaat, unik, menarik dan berkualitas baik. Sebaiknya video yang anda upload memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas tidak pecah-pecah.
  • Fokus upload konten video yang sesuai dengan niche atau minat anda. Misalnya konsisten membuat video parodi. Jika anda konsisten maka subscriber anda akan bertambah banyak. Dengan begitu channel anda akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.
  1. 5. Perbanyak dan Kembangkan Audiens Video Anda

Perbanyaklah viewer dan subscriber Channel anda. Ajak viewer anda untuk menjadi subscriber Channel YouTube anda. Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial, seperti facebook, twitter,dll. Jika konten video anda benar-benar bagus, maka viewer dan subscriber tidak sungkan-sungkan men-share video anda diakun media sosial mereka.

6. Mendaftar Ke Google Adsense

Inilah bagian yang paling penting yaitu Google Adsense. Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense. Tapi bila kita belum mendapatkan undangan tersebut, kita bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense. Bila sebelumnya Anda sudah memiliki akun Google Adsense, maka Anda tidak perlu mendaftar lagi. Hubungkan akun Google Adsense anda ke akun Youtube anda, tentunya email yang digunakan harus sama. Setelah akun Adsense terhubung dengan akun Youtube, maka anda tinggal menunggu penghasilan yang masuk dari video-video anda.

Karakteristik Video Populer

Banyak yang bertanya, video seperti apa sih yang paling banyak dicari di Youtube? Pertanyaan ini sering saya jumpai, apalagi bagi mereka yang menjadikan Youtube sebagai ladang mencari uang. Salah satu kunci utamanya, adalah mengetahui selera pasar. Sebelum anda membuat video sebaiknya terlebih dahulu karakteristik apa yang akan anda tonjolkan. Berikut ini ada 6 karakteristik video Youtube yang banyak disukai viewer, yakni :

  1. Video Lucu

Karkteristik lucu sering menjadi andalan di Youtube karena dapat menghibur mereka yang berkunjung. Karakter lucu juga tidak membosankan jika ditonton berulangkali. Kelucuan itulah yang membuat Radiyta Dika menjadi sangat populer di Youtube dengan subscribe mencapai 1.417.814. Video-video yang Raditya upload semuanya berisi hal-hal konyol dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Video Tutorial

Video tutorial tak hanya membuat anda terkenal tetapi juga berguna bagi pengguna Youtube yang ingin mempelajari keahlian tertentu. Jika anda memiliki keahlian dan keterampilan disuatu bidang, tidak ada salahnya anda membuat vieo tutorial. Kata kuncinya “How to…” atau “ Cara Untuk…”. Video tutorial cukup banyak yang mencarinya. Dengan video orang akan lebih mudah mempelajari keterampilan atau keahlian yang diberikan. Juga membuat mereka lebih mudah memahami langkah demi langkah yang harus dilakukan. Contohnya : saat ini juga banyak dicari  tutorial make up dan hijab style. Bagi mereka yang hobi make up, bisa membagikan ilmunya melalui video Youtube.

  1. Video yang Menginspirasi

Kisah-kisah ‘True Story” seringkali dengan mudah menghipnotis penonton. Kisah inspiratif selalu menjadi perhatian banyak orang. Terkadang video tersebut bisa membuat penonton mengharu biru dengan kisah yang disajikan atau tersenyum-senyum sendiri dan termotivasi untuk menjadi lebih baik.

  1. Video Review

Buatlah video review berupa ulasan produk. Anda bisa membandingkan produk yang satu dengan yang lainnya. Baik masalah harga, kualitas produk, keunggulan dan kekurangan produk tersebut. Jika anda pecinta teknologi anda bisa mereview produk gadget keluaran terbaru. Jika anda wanita yang suka berdandan, anda bisa mereview produk kecantikan yang satu dengan yang lainnya.

  1. Video Pribadi

Banyak orang yang menceritakan kehiduan pribadi mereka dengan membua video dan meng-uploadnya di Youtube. Tidak sedikit dari mereka yang populer karenanya. video pribadi bisa tentang hobi, kebiasaan dan aktivitas keseharian lainnya.

  1. Video Aneh dan Mengejutkan

Hal-hal yang aneh dan mengejutkan biasanya menimbulkan rasa penasaran untuk menontonnya. Membuat hal yang aneh dan mengejutkan akan menarik perhatian para pengguna Yotube. Tidak sedikit yang membawa pada kepopuleran.

Satu hal yang harus diperhatikan, hindarilah membuat video dengan konten pornografi dan unsur SARA. Usahakan seluruh video yang anda upload adalah asli 100%.

Cara Alami Agar Video Youtube Populer

Apakah anda suka upload video di Youtube? Bisa video apa saja, bisa tenang hobi anda, tingkah lucu, hal-hal yang menarik perhatian anda, dll. Jika anda juga hobi upload video di Youtube, berikut ini cara alami yang dapat membantu anda agar video Youtube anda tersebut menjadi populer :

  1. Buatlah video yang unik dan menarik

Konten video yang anda buat harus sesuatulah menarik perhatian orang untuk melihat video anda. Jika video anda dapat menarik banyak orang, mereka akan mengajak orang lain pula untuk melihatnya melalui sharing ke beberapa media sosial, ini tentu akan membuat video anda semakin terkenal.

  1. Pastikan Judul Unik

Judul adalah bagian yang paling berperan penting dalam hal ini. Banyak video di Youtube yang bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan views dalam beberapa hari karena sebuah judul yang unik. Judul adalah hal yang pertaman dilihat orang untuk menilai video anda, jadi pastikan judul anda unik dan membuat penasaran.

  1. Judul harus sesuai dengan isi konten

Judul memang menjadi kesan pertama bagi pelanggan, tetapi jika judul tidak sesuai dengan isi konten, maka viewer dan pelanggan anda akan melarikan diri dan meninggalkan dislike. Dan point terpenting adalah sharing ke media sosial yang bisa membuat video anda terkenal. Jika judul video anda menipu, tentu mereka enggan untuk sharing video anda.

  1. Topik yang lagi hangat

Kebanyakan orang suka untuk mencari tahu berita atau informasi yang terbaru dan terhangat saat ini. Anda pun bisa memanfaatkan hal ini untuk mempublikasikan melalui sebuah video. Berita paling hangat di masyarakat bisa bertema tentang kasus artis, musik, politik, dan apapun berita terbaru lainnya.

  1. Beri tag dan deskripsi video

Memberikan tag dan deskripsi di setiap video bisa memudahkan mesin pencari Youtube untuk menemukan video anda. Selain itu, viewer akan lebih menghargai jika video anda memiliki deskripsi yang jelas.

  1. Jangan upload video dengan durasi waktu yang terlalu lama

Pelanggan akan sangat bosan dan meninggalkan jika anda upload video dengan durasi waktu lama. Mereka akan berpikir untuk tidak membuang-buang waktu dengan melihat video anda yang panjang, apalagi bagi mereka yang memiliki koneksi internet di bawah standar, kecuali Anda upload film, tutorial, kumpulan musik, dan lainnya..

  1. Buatlah video yang original

Buatlah video anda sendiri, buat video original akan lebih dihargai oleh viewer. Video yang tidak original tidak hanya akan mendapatkan klaim pihak ketiga tentang hak cipta, tetapi juga bisa mempengaruhi popularitas video tersebut, apalagi sudah banyak video sama yang tidak original lainnya.

  1. Pasang anotasi di halaman video

Membuat link menempel di Video Youtube/anotasi. Dengan memasang anotasi di halaman video, ini memungkinkan pelanggan untuk berkunjung ke koleksi video anda lainnya. Gunanya untuk memperkenalkan video anda yang lainnya agar juga dilihat oleh viewer.

  1. Promosikan

Setelah anda publikasikan video anda di Youtube, jangan lupa pula untuk sharing video tersebut ke beberapa media sosial. Bisa promosi di facebook, instagram, twitter, dll. Ajak teman-teman anda untuk melihat koleksi video anda. Jika memang video menarik, pasti mereka akan berbondong-bondong untuk menontonnya. Jika anda memliki blog/website, maka video anda pun bisa anda tampilkan di blog/website anda.

  1. Perbanyak koleksi video Anda

Jika video-video yang anda buat menarik, maka akan banyak viewer yang akan menjadi penonton setia video anda. Bahkan mereka akan menantikan video anda selanjutnya. Jika koleksi video anda sudah banyak, maka viewer tidak akan ragu untuk berlangganan.

  1. Balaslah komentar dari pelanggan

Jika Anda membalas komentar pelanggan, maka mereka akan merasa sangat dihargai.   Selain itu, balasan anda akan dikirimkan ke email mereka sehingga terkadang mereka pun mengunjungi video anda lagi untuk membaca balasan komentar anda. Jadi, jangan sungkan-sungkan untuk membalas komentar dari pelanggan anda. Terkadang anda bisa mendapatkan masukan yang bagus dari pelangggan anda.

  1. Perbanyak pelanggan

Perbanyaklah pelanggan video anda maka setiap kali anda menerbitkan video terbaru, secara otomatis mereka akan mendapatkan pemberitahuan melalui email. Dan kemungkinan besar banyak di antara mereka yang akan melihat video terbaru anda. Mendapakan banyak pelanggan cukup susah dan butuh waktu. Cobalah mempraktekkan setiap langkah diatas. Pelanggan anda akan bertambah banyak.

CARA OPTIMASI SEO UNTUK VIDEO YOUTUBE

Optimasi video youtube sama pentingnya dengan optimasi artikel, tujuannya adalah agar memudahkan pencarian orang terhadap video anda. Tahukah anda berapa ribu video yang di upload ke youtube setiap harinya? apakah video yang anda upload berpeluang untuk banyak dilihat orang setiap harinya? kecuali video anda benar benar sebuah video yang menghebohkan dan unik. Maka dari itu sangatlah penting untuk melakukan optimasi video, layaknya sebuah artikel dengan  SEO (search engine optimation) agar hasil optimal. Bagi anda yang sudah lama menjalankan Youtube Adsense anda pasti tahu pentingnya melakukan optimasi terhadap video agar video anda berada diperingkat atas dari hasil pencarian baik dari Youtube maupun Google.

Berikut Cara Optimasi SEO untuk Video Youtube :

  1. Riset Keyword

Pentingnya riset keyword adalah untuk mengetahui keyword apa yang sedang populer dan dicari banyak orang.

  1. Berdurasi Lebih Panjang

Youtube viewer tentunya mencari sebuah video yang relevan seperti apa yang di harapkan dan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Durasi video yang ideal adalah 10 – 15 menit. Sajikan video dengan durasi yang cukup agar pemirsa dapat mengakses informasi yang lebih lengkap pula. Terkadang durasi video yang pendek di anggap kurang menarik, karena di anggap belum bisa memberikan informasi secara utuh.

  1. Keyword harus ada pada Judul Video

Buatlah judul yang bombastis tapi mengandung keyword/kata kunci. Letakan kata kunci di awal judul. Peranan kata kunci dalam video adalah hal yang sangat menentukan, anda bisa membuat video yang berhubungan dengan apapun, tetapi tentukanlah target untuk “kata kunci video” yang terkait dengan judul dalam video anda.

  1. Masukkan Keyword Di Dalam Deskripsi Video

Deskripsi bermanfaat untuk menjelaskan dan meggambarkan isi video secara singkat kepada viewer dan search engine. Letakkan keyword sewajarnya, jika berlebihan meletakkan keyword  maka akan menjadikan video tersebut SPAM. Efek yang paling buruk adalah penghentian layanan serta banned adsense. Buat deskripsi sealami mungkin dn pastinya harus nyambung dengan video itu sendiri. Usahakan anda selalu mencantumkan URL tujuan yang Anda inginkan setiap membuat deskripsi. Di setiap deskripsi harus mengandung keyword utama, dan jangan lupa memasukan URL video youtube Anda di bagian akhir descripsi tersebut.

  1. Gunakan Keyword Dalam Tag

Lakukan penambahan tag yang sesuai dengan keyword yang anda pilih. Tag video juga harus berkaitan dengan video anda. Maka video anda akan tampil di sidebar ketika ada video lain yang menggunakan tag sama dengan video anda. Berikan tag pada video anda, klik pada suggested tags terlebih dahulu, anda bisa tentukan tag kategori untuk jenis video anda, setelah itu anda bisa menambahkan pilihan tag sendiri dengan memakai tanda koma, untuk memisahkan tag satu dengan tag lainnya.

  1. Upload Video Berkualitas HD

Video HD lebih disukai oleh Youtube dan viewer karena kualitas gambar yang bagus dan tidak pecah-pecah. Youtube editor juga menyediakan tool untuk mengubah video SD (Strandard Definition) menjadi HD (High Definition). Saat ini fasilitas untuk membuat video berkualitas HD atau hasil rekam dengan resolusi tinggi sangatlah mudah, walaupun hasil rekaman dengan ponsel, sudah cukup menghasilkan resolusi 480p (Minimal). Jika anda membuat video screenshot (untuk video tutorial dan sejenisnya) gunakanlah software yang mendukung yang menghasilkan video dengan resolusi yang bagus (di atas 480p) HD.

  1. Tingkatkan Reputasi Channel

Reputasi channel yang baik memberikan signal positif terhadap video-video didalamnya. Channel bagus berarti channel yang memiliki relevansi yang tinggi antara satu video dengan video lainnya saling berkaitan. Tingkat relevansi channel ditentukan dengan melihat berapa lama waktu yang dihabiskan viewer untuk menyaksikan video.

  1. Share dan Promo Video

Mempromosikan video youtube bisa menggunakan facebook, twitter, Google Plus, Sosial Bookmarking, instagram, dll.  Dengan optimasi SEO untuk video di Youtube diharapkan akan mendapatkan hasil dari search engine Google maupun dipencarian Youtube.

TIPS MENINGKATKAN VIEWER VIDEO YOUTUBE

Youtube saat ini menjadi video portal terbesar didunia. Banyak orang yang menjadi terkenal karena video di Youtube bahkan ada beberapa orang justru jadi superstar karena video yang diupload. Sebut saja Justin Bieber, awalnya bakat menyanyinya tidak diketahui banyak orang. Tapi setelah videonya di upload di Youtube, dalam waktu singkat dia menjelma menjadi idola remaja di seluruh dunia. Di Indonesia, Youtube juga menjadikan beberapa orang jadi “artis dadakan” diantaranya : Briptu Norman, Sinta Jojo, Udin Sedunia,dll. Berkat aksi mereka yang lucu dan unik, mereka jadi populer. Berikut beberapa tips cara agar video kamu di YouTube banyak dilihat orang. Kamu juga bisa menjadikan video yang kamu upload di Youtube menjadi banyak viewernya, berikut tipsnya :

  1. Buat video yang unik

Ini adalah syarat utama bagi pengguna Youtube yang ingin sukses dan terkenal. Jika kamu hanya mengupload video yang biasa dan standar saja, video kamu tak akan menarik perhatian banyak orang. Video yang menunjukan keunikan dan beda dari orang lain lebih menarik perhatian.

  1. Buat video yang berkualitas

Jika video yang kita buat tidak unik, maka fokuslah pada kualitas video agar video anda mendapat rating yang tinggi. Kualitas pengambilan gambar yang bagus akan membuat viewer betah di video anda. Perhatikan kualitas suara dan kualitas gambar, jangan asal-asalan. Pada akhirnya viewerlah yang akan meyeleksi video yang layak untuk ditonton dan mana yang tidak. Pastikan untuk tidak mengecewakan mereka.

  1. Gunakan judul video yang menarik dan mudah diingat

Jika kamu mengunggah video ke Youtube usahakan pakai judul yang menarik dan mudah diingat untuk mendeskripsikan isi video kamu. Judul video akan menentukan hasil dari pencarian pengguna youtube. Saat meng-upload video pikirkanlah judul terlebih dahulu. Jangan terlalu panjang dan rumit karena hal itu akan membuat video anda sulit ditemukan.

  1. Optimasi Deskripsi video

Jika telah memilih judul yang sesuai jangan lupa untuk mengisi kolom deskripsi di video anda. Beri penjelasan yang singkat dan mengambarkan isi video anda. Perlu juga perhatikan profil yang anda buat, jangan sampai membosankan. Sertakan logo dan websie dalam video anda.

  1. Gunakan Tag video

Isilah tag video yang sesuai, tag ini mempengaruhi dalam hasil pencarian video Youtube. Gunakan tag yang populer dengan kata kunci yang sedang banyak dicari orang.

  1. Rajin berbagi tautan video

Jika ingin meningkatkan view YouTube, anda harus rajin-rajin berbagi tautan video Youtube anda. Dibagian bawah video Youtube, anda bisa berbagi video malalui sosial media seperti Facebook dan Twitter. Jika anda memiliki blog, anda bisa melakukan embed video youtube. Meski video anda di embed dan tidak di view langsung di situs Youtube, tapi hitungan jumlah view video anda tetap bertambah sesuai dengan jumlah orang yang melihat video anda. Misalnya video anda dibagikan di Facebook, jumlah view video anda tetap bertambah meski pengunjung play langsung video di facebook.

Ide Bisnis Melalui Youtube

Hanya sedikit orang saja yang tahu, mengerti dan menjalankan bisnis online melalui Youtube. Dan lebih banyak orang menghabiskan waktunya menonton video Youtube, bermain-main di media sosial tanpa mendapatkan penghasilan apapun. Kalau Anda mahir dalam membuat konten video, baik itu gambar bergerak tanpa suara berupa tutorial, atau merekam kejadian unik dan menarik, atau membuat gambar 3D yang bisa diupload ke Youtube ini akan memberikan value tersendiri buat anda jika memonetize video anda di Youtube.

Anda bisa mulai jadi pebisnis online dari video Youtube sekarang, manfaatkan internet sebaik mungkin untuk menghasilkan pendapatan lebih. Berikut ini 6 Ide Bisnis Melalui Youtube :

  1. Google Adsense

Google Adsense merupakan cara yang paling jelas menghasilkan uang dari Youtube. Untuk mendapatkan uang dari video youtube yaitu dengan membuat atau daftar ke google Adsense. Setelah anda mendaftar dan mengatur akun Adsense anda, anda mulai dapat menampilkan iklan di video Youtube. Keuntungan iklan youtube adalah anda tidak perlu mencari pengiklan karena Google yang mengatur semua itu. Yang penting anda menjadi mitra Youtube.

  1. Link Affiliate

Manambahkan link affiliate ke bagian teks deskipsi di video anda. Anda mendapatkan komisi dari viewer video anda yang melihat link affiliate, lalu mengunjungi link tersebut dan melakukan pembelian. Oleh karena itu konten video anda harus berkaitan dengan yang anda proosikan di link affiliate.

  1. Menjual Link

Menjual link dalam video deskripsi anda. Anda mendapatkan komisi dari memasukkan link tersebut yang mengarahkan viewer menuju website atau blog pengiklan. Hati-hati dalam menggunakan metode ini. Jika anda memiliki channel Youtube dengan subscriber yang cukup banyak dan anda menyewakan area deskripi anda kepada pengiklan link yang tidak berkaitan dengan konten anda maka bisa jadi merusak reputasi anda dan membuat kabur subscriber anda.

  1. Review Berbayar

Anda bisa menghasilkan uang dengan membuat video review/ulasan produk. Bisa membuat ulasan tentang produk terbaru, manfaat produk, kelebihan produk, dll. Biasanya sponsor produk yang menawarkan anda untuk membuat review produk mereka. Misalnya anda hobi membuat video tutorial make up atau ulasan produk-produk kosmetik. Maka tidak jarang produk kosmetik bersedia mensponsori anda untuk membuat ulasan tentang produk mereka.

  1. Mempromosikan Produk dan Jasa Anda

Jika anda memiliki produk sendiri, anda bisa memberikan promosi penawaran produk kepada pelanggan anda. Upload video mengenai penawaran anda.

  1. Menjual Channel Youtube

Sama halnya dengan blog dimana blogger bisa menjual blognya, di Youtube anda juga bisa menjual channel Youtube anda. Dengan catatan ketika anda memutuskan untuk menjual channel Youtube anda maka anda harus menampilkan bukti channel anda memiliki banyak subscriber dan menghasilkan trafik search engine yang baik. Channel yang menarik trafik search engine lebih berharga dari channel yang hanya mendatangkan visit dari subscriber saja.

Website untuk Promosi Video Youtube

Apakah ini masalah yang sedang anda hadapi?

  1. Upload video Youtube tapi sepi pengunjung
  2. Kualitas video sudah oke tapi masih sepi pengunjung
  3. Judul sudah unik dan menarik, konten juga unik tapi masih juga sepi pengunjung
  4. Sudah buat banyak video tapi pengunjungnya masih segitu-segitu aja.
  5. Pengunjung sepi, subscriber nggak nambah-nambah

Nah, ini para pengunjung pada kemana aja sih??? Bingung mau tahu cara mendatangkan pengunjung? Kuncinya hanya satu yaitu promosi. Ayo promosikan video anda. Bagaimana cara melakukan promosi?

Berikut adalah cara mudah mempromosikan video youtube :

  1. Social Media

Buatlah sosial media yang berguna sebagai tempat untuk membagikan konten video youtube anda disana. Beberapa sosial network yang bisa anda pakai yaitu Twitter, Facebook, Google+, dll. Tips berpromosinya yaitu jangan terlalu sering berbagi konten video,agar kita tidak kehilangan teman atau follower serta predikat sebagai spammer.

  1. Social Bookmarking

Banyak sosial bookmarking yang bisa kita coba untuk membagikan url link video youtube kita,antara lain Reddit, Lintas.me, dll.

  1. Blog atau Website

Jika channel youtube anda ingin terlihat keren, cobalah buat website atau blog untuk channnel youtube yang kamu miliki. Kita bisa pakai yang gratisan atau berbayar.

Terdapat Website yang khusus untuk mempromosikan video youtube kita, di website itu kita bisa membagikan video youtube ke khalayak ramai bila video kita berkualitas dan dilihat orang ramai bisa-bisa video kita masuk ke Halaman depan website terkenal itu. Apa saja Situs Untuk Promosi Video Youtube tersebut ?

Berikut 6 Situs Untuk Promosi Video Youtube :

1. Reddit.com

Reddit.com  website social bookmarking memiliki pengunjung yang melimpah bahkan peringkat alexanya 32 di dunia. Wow, bisa anda bayangkan berapa pengunjungnya perhari. Bila video anda di upload dan masuk ke halaman depan mereka tentu bakal mendapatkan pengunjung yang banyak disitus Reddit anda dapat memasukkan video dengan banyak kategory tetap ingat jangan melanggar TOS mereka.

2. LiveLeak.com

Situs untuk Promosi Video Youtube lainnya yaitu Liveleak. situs ini diperuntuhkan untuk video Comedy. Jika anda mempunyai video selain comedy jangan Coba-coba di situs Liveleak. Pengunjungnya rata-rata orang bule jadi bila ingin mendapatkan views orang luar bisa promosikan disitus tersebut.

3. 9gag.tv

Rata-rata yang suka meme pasti tahu dengan website satu ini, website yang khusus Video Comedy, prank, unique dan lainnya. bila anda mempunyai video dengan category tersebut cobalah upload di website tersebut dijamin mendapatkan views yang melimpah.

4. 1cak.com

Situs asli orang indonesia ini hampir mirip dengan 9gag tetapi disini berbahasa indonesia dan yang punya orang indonesia. dikatakan situs ini plagiat dari 9gag, dulunya situs ini hanya berupa gambar tapi saat ini anda dapat mengupload video di web ini tentu saja pengunjungnya rata-rata orang indonesia.

5. Funnyjunk.com

Situs ini hampir mirip dengan 9gag yaitu khusus untuk video lucu dan unik. dari nama domainnya saja kita dapat menyimpulkan tentu saja video yang diterima hanya Comedy jangan lupa membaca TOS website mereka atau nantinya anda akan di banned dari subscriber.

6. Blogger.com

Bila anda seorang blogger dan memiliki niche sama dengan video anda cobalah untuk menambahkan link Youtube anda di blog tersebut. Terlebih anda memiliki pengunjung yang banyak lumayan dapat dollar dari blog dan youtube.

Itulah 6 Website untuk  Promosi Video Youtube. Bila ingin mendapatkan views yang melimpah cobalah untuk upload video anda disitus tersebut. Jangan takut bila video anda berkualitas dijamin masuk halaman depan website diatas.

ALAT DAN SOFTWARE UNTUK MEMBUAT VIDEO

Anda punya ide untuk membuat video? Ada bisa menemukan banyak ide kreatif untuk menjadikan video anda menarik. Bahkan dari hal-hal yang anda anggap sederhana bisa jadi hal yang menarik banyak peminatnya. Misalnya anda membuat video tentang keahlian anda dibidang tertentu, ulasan tentang game terbaru, berbagi pengalaman anda selama jalan-jalan ke tempat wisata, dll. Bahkan tingkah laku hewan peliharaan pun bisa jadi video yang lucu. Sekarang apa saja alat yang anda butuhkan untuk membua video?

Anda bisa gunakan peralatan berikut ini :

  1. Gunakan Smartphone

Saat ini sangat mudah mendapatkan smartphone yang bisa merekam. Smartphone mudah dibawa sehingga proses merekam mudah dilakukan. Akan tetapi kualitas suara dan gambar rekamannya tidak akan sebagus perangkat video khusus seperti perekam video. Ponsel pintar umumnya memiliki banyak ruang penyimpanan, namun berkas video menyedot ruang tersebut dengan cepat. Ingatlah bahwa kamera smartphone mungkin bukan pilihan yang bagus jika anda berencana merekam video yang panjang. Periksa juga apakah anda bisa menyambungkan perangkat seperti mikrofon yang bisa meningkatkan kualitas video. Tergantung jenis ponsel anda, perekam video mungkin memiliki aplikasinya sendiri  atau tersedia pada aplikasi lain.

  1. Gunakan webcam

Saat ini hampir semua komputer /laptop hadir dengan webcam terintegrasi (biasanya di bagian atas monitor), atau dapat dipasangi webcam. Anda bisa mendapakan webcam dengan harga yang cukup murah. Tapi ingat, ada harga ada kualitas. Jangan hanya berpikir murahnya saja. Kebanyakan komputer dapat menangani masukan dari webcam dengan perangkat lunak bawaan, namun jika anda perlu perangkat lunak, pertimbangkan Video Booth, perangkat lunak gratis dan intuitif yang menerima banyak ulasan positif dari pengguna biasa dan pengulas profesional.

  1. Gunakan handycam untuk video berkualitas

Handycam memang dirancang untuk merekam video. Handycam/Camcorder berfungsi untuk menangkap gambar bergerak, seperti layaknya orang sedang membuat film. Kualitas gambar yang dihasilkan banyak dipengaruhi oleh kualitas lensa, resolusi yang dipilih dan ruang simpan.selain itu, hal terpenting dari perekam video anda adalah bahwa perekam tersebut memiliki cara yang mudah untuk mentransfer video ke komputer anda.

Setelah anda merekam video selanjutnya anda akan mengedit video tersebut sebelum anda upload ke Youtube. Berikut ini 10 software editing video terbaik untuk PC :

  1. Adobe Premier

Adobe Premier adalah sebuah software editor yang sangat professional dan lengkap serta detil sekali untuk mengedit video agar lebih berkualitas. Sotware ini berbayar. Banyak sekali fitur-fitur yang ada pada software ini.

  1. Live Movie Maker

Software ini merupakan video editing yang paling banyak digunakan karena merupakan bawaan dari Windows.

  1. Camtasia Studio

Software ini sangat populer dikalangan pembuat video tutorial dan pembuat CD interaktif. Dari dulu memang camtasia studio lebih unggul dalam recording screen.

  1. Lightworks

Software ini tidak direkomendasikan untuk pemula karena sulit untuk dipelajari. Tapi, untuk hasil tidak diragukan. Hasilnya tampilan cantik dan kemampuan sebagai editor video handal menghasilkan video yang berkualitas.

  1. Sony Vegas Pro

Software ini juga sulit untuk dimengerti. Namun dalam hal fitur, Sony Vegas Pro dapat anda andalkan. Software ini juga berbayar.

  1. File Lab Video Editor

Software ini harus dijalankan online alias menggunakan koneksi internet. Digunakan untuk mengedit video seperti trim, cut, rotasi, mix, transisi, overlay, effects, dan animasi serta dapat meng-konversi file hasil video Anda yang telah diedit ke gadget. Software ini hampir mirip dengan Movie Maker versi online.

  1. VideoLAN Movie Creator

VideoLAN Movie Creator sangat simpel dan mudah dipahami untuk pemula. Anda dapat menciptakan slideshow animasi dengan menggunkana software ini.

  1. Movie Storm

MovieStorm menyediakan efek animasi yang mengagumkan. Software ini merupakan perangkat lunak 3D untuk membuat berbagai macam film. Anda dapat menciptakan film kartun, kriminal, horror, olahraga, dsb.

  1. VideoSpin

VideoSpin membuat slideshow menjadi lebih mudah, juga sangat mudah digunakan dan dapat dijadikan alternatif Movie Maker karena kemampuan tidak jauh beda. Tampilan dari VideoSpin juga lebih cantik.

  1. Ezvid

Video maker dan editor untuk YouTube, software ini dapat Anda gunakan untuk membuat slide show video dari gambar berformat .JPG, .BMP, .GIF, dan masih banyak lagi. Juga terdapat fitur lain yaitu merekam video.

Masalah Hak Cipta di YOUTUBE

Salah satu masalah terbesar yang website video-sharing seperti Youtube adalah  isu pelanggaran hak cipta. Hak Cipta/Lisensi adalah bentuk perlindungan untuk karya tulis, Sastra, drama, music, film, grafis dan audiovisual. Pelanggaran hak cipta terjadi jika karya hak cipta di produksi ulang, ditampilkan atau ditujukan pada publik tanpa izin dari pemilik hak cipta atau tanpa hak hukum melakukannya. Pelanggaran hak cipta di Youtube biasanya ditemukan di Audio, musik/lagu yang disertakan pada video tersebut. Meskipun hanya sepotong lagu yang berdurasi 20 detik, bisa dideteksi Google sebagai pelanggaran hak cipta.

Jika anda memiliki video hasil karya sendiri, selanjutnya video anda dipakai / diupload orang lain tanpa izin maka anda berhak meminta Youtube menghapus video tersebut. Youtube menyediakan fitur mengajukan banding/dispute . Tapi berhati – hatilah dengan hal ini, jika menyalahgunakan proses itu, anda bisa berurusan dengan hukum. Atau anda pernah mengalami hal seperti ini, video yang anda upload mendapatkan klaim adanya konten pihak ketiga yang menyebabkan video anda tidak bisa dimonetisasi. Itulah gunanya perlindungan hak cipta perlunya kebijakan yang adil dari Youtube sebagai perlindungan.

Ada beberapa cara agar bebas klaim masalah hak cipta :

1. Buatlah video original

Ini adalah cara yang paling sportif untuk mengupload video di Youtube, yaitu membuat video original. Pihak Youtube sangat menyarankan agar video yang anda upload adalah video original untuk menghindari klaim konten video pihak ketiga.

2. Mengedit video menggunakan software

Anda juga bisa menggunakan bantuan software untuk membuat atau mengedit video. Dengan sotware anda bisa menambahkan klip video, memperpendek atau memperpanjang video, memotong dan mengkombinasi video-video menjadi satu, menambahkan efek baru pada video, mengubah suara video, memperlambat atau mempercepat video, menambahkan musik.

Jika Anda menggunakan software editor video, pastikan Anda mengedit atau mengubah suara dan klip video. Misalnya jangan menggabung klip video dengan lagu yang berhak cipta, Anda bisa mengubah efek suara pada lagu tersebut atau menambah efek DJ lalu menggabungkan pada klip video. Youtube memiliki system detektor yang sangat canggih, ia bisa mendeteksi konten pihak ketiga hanya dari suara dan klip video yang anda upload.

  1. Mengedit Video Online Youtube

Anda juga bisa membuat dan mengedit video secara online di Youtube. Model editor video yang disediakan Youtube hampir sama dengan Movie Maker.

Rekomendasi buat anda :

Pustaka audio youtube, anda dapat menguunakan ribuan audio/lagu/musik gratis untuk video anda.

Beberapa situs musik/lagu yang bisa di jadikan alternatif, dengan lisensi creative commons yang dapat anda pilih :

http://www.jamendo.com/

http://wacca.fm/

http://ccmixter.org/

http://freemusicarchive.org/

http://www.beatpick.com/

http://incompetech.com/m/c/royalty-free/

http://opsound.org/

Situs rekomendasi project wikipedia yang dapat anda kunjungi :

http://wiki.creativecommons.org/Sound

http://creativecommons.org/audio/

http://copyrightfriendly.wikispaces.com/page/code/Copyright-friendly+music+and+sound

Beberapa situs publik domain :

http://www.musopen.com/

http://www.publicdomain2ten.com/

http://www.publicdomain4u.com/

http://www.jazz-on-line.com/

Untuk lebih lengkapnya mengenai Hak Cipta di Youtube, bisa anda pelajari disini :

https://www.youtube.com/yt/copyright/id/

Mendaftar ke AdSense melalui YouTube

Seiring video YouTube Anda mengakumulasi semakin banyak penayangan, Anda mungkin ingin membuat akun AdSense yang akan dikaitkan dengan akun YouTube. Berhasil menautkan dua akun berarti Anda berhak menerima pembayaran.

Untuk mendaftar ke akun AdSense melalui YouTube, ikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Pastikan akun YouTube Anda diaktifkan untuk monetisasi.
  2. Kirim permohonan Anda untuk membuat akun AdSense baru yang akan ditautkan dengan akun YouTube Anda. Setelah aplikasi Anda disetujui, Anda akan melihat label “Akun host” di tab Berandapada akun AdSense Anda.
    Google akan mengirimi Anda pembayaran pada bulan setelah saldo AdSense Anda melampaui $100, dengan asumsi akun YouTube dan AdSense Anda berkinerja baik.
  3. Jika Anda juga memiliki situs web bukan hostsendiri tempat Anda ingin menampilkan iklan, Anda perlu mengirimkan formulir permohonan satu kali untuk memberi tahu kami URL situs Anda.

Anda hanya perlu menyelesaikan langkah ini jika Anda ingin memonetisasi situs web Anda sendiri — Anda tidak perlu mengambil tindakan lainnya untuk tetap memonetisasi video YouTube Anda.

Setelah permohonan satu kali Anda disetujui, label “Akun host” akan dihapus dari tab Beranda pada akun AdSense dan Anda akan memiliki akses untuk membuat kode iklan AdSense yang dibutuhkan untuk memonetisasikan situs web bukan mitra host Anda.

Menyiapkan channel dan video untuk monetisasi

Dengan menjadi mitra YouTube, Anda dapat memonetisasi video di channel dan menghasilkan uang dari pendapatan yang diperoleh. Sebelum Anda memulai, periksa kelayakan channel dan pelajari cara untuk ikut serta. Selanjutnya, pelajari cara mengaktifkan video yang layak untuk menghasilkan uang.

Mengaktifkan monetisasi pada saluran

Untuk memeriksa kelayakan saluran Anda dan ikut serta dalam monetisasi:

  1. Bukatab monetisasi pada setelan akun.
  2. KlikAktifkan Akun Saya. Anda hanya akan melihat opsi ini jika akun Anda memiliki reputasi yang baik dan belum pernah dinonaktifkan untuk monetisasi.
  3. Ikuti langkah-langkah di layar untuk menyetujui perjanjian monetisasi YouTube.

Jika akun tidak memenuhi syarat untuk monetisasi, Anda akan melihat pesan yang berbeda. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang alasan monetisasi dinonaktifkan dan hal-hal yang dapat Anda lakukan.

Memonetisasi video

Setelah mengikutsertakan saluran untuk monetisasi, Anda dapat mengaktifkan video yang layak untuk menghasilkan uang dari iklan yang relevan.

  1. Pastikan video Anda memenuhikriteria monetisasi video.
  2. Ikuti langkah-langkah ini untukmengaktifkan iklan pada video yang ingin Anda monetisasi. Jika ada lebih dari satu video yang ingin dimonetisasi, ikuti langkah-langkah ini untuk memonetisasi beberapa video sekaligus.
  3. Agar dapat mulai menerima pendapatan, ikuti langkah-langkah ini untukmenautkan akun YouTube dan AdSense.

Untuk menghasilkan uang dari video yang dimonetisasi (lihat penghasilan Anda di YouTube Analytics) dan mendapatkan pembayaran setelah mencapai batas pembayaran, Anda harus mengaitkan akun AdSense yang disetujui dengan akun YouTube. Anda dapat membuat akun AdSense baru atau mengaitkan akun yang ada. Jangan membuat akun duplikat karena hal ini bertentangan dengan Persyaratan dan Ketentuan AdSense. Agar dapat terhubung dengan akun AdSense, akun YouTube Anda tidak boleh dinonaktifkan untuk monetisasi.

Monetisasi untuk saluran saya dinonaktifkan

Jika monetisasi dinonaktfikan pada saluran YouTube Anda, hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa alasan. Salah satu tindakan berikut ini dapat mengakibatkan penangguhan pembayaran:

Memeriksa status monetisasi pada saluran Anda

Untuk memeriksa status monetisasi pada saluran Anda, langsung buka Bagian status dan fitur pada saluran atau ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya:

  1. Masuk ke akun YouTube.
  2. Di kanan atas, klik ikon akun Anda >Creator Studio.
  3. Di menu kiri di bagian “Saluran,” klikStatus dan fitur.

Cara mengaktifkan kembali monetisasi

Tergantung apakah masalahnya ada pada video atau saluran, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk memulihkan monetisasi. Klik di bawah ini berdasarkan status monetisasi Anda untuk mempelajari lebih lanjut.

Perlu diperhatikan bahwa pelanggaran berat terhadap Kebijakan Program Mitra dapat mengakibatkan monetisasi dinonaktifkan secara permanen pada semua akun Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here