Tips Tutorial Cara Memulai Bisnis Toko Online Usaha Toko Daring Pemasaran via Social Media Digital Marketing Bagi Pemula
Tips Tutorial Cara Memulai Bisnis Toko Online Usaha Toko Daring Pemasaran via Social Media Digital Marketing Bagi Pemula

Dunia Cerita – Toko online/online shop sekarang begitu familiar ditelinga kita. Jika anda sering belanja online sekarang saatnya anda berpikir untuk membuat toko online anda sendiri.

DAFTAR ISI

Cara Memulai Bisnis Toko Online

Tips Tutorial Cara Memulai Bisnis Toko Online Usaha Toko Daring Pemasaran via Social Media Digital Marketing

Anda bisa menjual apa saja, bahkan jika anda tidak mempunyai produk sendiri anda bisa sukses menjalankan toko online anda. Bisnis toko online begitu menggiurkan, dengan membuat toko online keuntungan yang didapatkan jadi berlipat-lipat karena jangkauan pasar yang luas. Lantas bagaimana cara memulai usaha toko online? Membuka toko online sebenarnya cukup mudah, yang cukup sulit adalah mendatangkan calon pembeli ke olshop anda. Berikut hal-hal yang penting untuk anda perhatikan dalam memulai bisnis toko online :

  1. Tentukan Produk

Tentukanlah produk yang akan anda jual di internet. Anda bisa memilih produk yang menarik minat anda atau produk-produk yang lagi ngetren saat ini. Saat ini produk yang banyak peminatnya di dunia maya adalah produk kecantikan, produk kesehatan, gadget dan fashion. Lebih baik pilih produk yang anda sukai / menarik minat anda karena anda akan bersemangat menjalankan toko online anda. Pilihlah produk yang berkualitas, karena anda akan menghadapi toko online dengan produk yang sejenis. Bahkan usahakan produk anda lebih baik dari pesaing anda. Dengan demikian customer akan memilih membeli produk anda daripada yang lain.

Jika anda, tidak punya cukup modal. Anda bisa memanfaatkan sistem reseller dan dropship. Jadi, anda bisa menjualkan produk orang lain. Dengan mendapatkan keuntungan berupa selisih harga berdasarkan persentase yang diberikan.

  1. Cari Agen Terpercaya

Cari agen atau distributor produk yang bisa dipercaya dan konsisten karena ketersediaan produk merupakan salah satu faktor kepercayaan pelanggan pada toko online anda. Tentu anda tidak ingin mengecewakan customer anda bukan? Selain itu, pastikan komunikasi anda dengan agen/distributor produk tersebut lancar dan mereka cukup komunikatif.

  1. Pilih Tata Cara Pengiriman

Salah satu alasan orang bertransaksi online adalah kenyamanan membeli produk tanpa harus keliling toko cukup transfer sesuai pesanan dan barang diterima di tempat. Oleh karena itu, Sistem pengiriman barang juga perlu diperhatikan. Pilihlah agen pengiriman yang benar-benar terpercaya dan bonafid. Untuk toko online, ada baiknya anda menawarkan beberapa pilihan agen pengiriman. Selanjutnya biarlah customer yang menentukan agen pengiriman apa yang akan dipakai. Dengan begitu customer anda bisa menentukan pilihan lamanya waktu kirim dan pertimbangan biaya kirim.

  1. Tentukan Cara Pembayaran

Biasanya dalam toko online sistem pembayaran bisa melalui dua cara, yaitu melalui bank offline seperti BCA, Mandiri, dll atau melalui Bank online seperti PayPal atau sejenisnya. Tinggal bagaimana anda memilih yang paling nyaman untuk toko online dan customer anda. Untuk bank offline sebaiknya anda setidaknya memiliki 3 akun bank. Biasanya customer mencari akun bank yang sama dengan akun bank miliknya.

  1. Pilih Sarana Media Online

Untuk membuka toko online, anda bisa memilih melalui beberapa media online yang tersedia. Misalnya melalui blog, website, media social seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Jika dengan menggunakan media sosial, biasanya relatif lebih murah karena tidak perlu membayar domain atau hosting.

Pastikan Anda juga Membaca: Mindset Yang Wajib Anda Miliki Sebelum Memulai Bisnis Online

Strategi Membuat Toko Daring Yang Sukses

Toko online/online shop sekarang sangat familiar ditelinga kita. Dengan membuat toko online keuntungan yang didapatkan jadi berlipat-lipat karena jangakauan pasar yang luas. Bahkan bisa lebih hemat untuk modalnya. Karena anda bisa menjalankannya tanpa toko real jadi bisa hemat biaya sewa toko. Layaknya toko real, maka toko online adalah tempatnya ada memajang produk jualan anda. Lantas bagaimana caranya untuk sukses menjalankan toko online? Berikut ini 5 Strategi Membuat Toko Online Sukses :

  1. Desain dan Fitur Toko Online

Membuat toko online bisa menggunakan berbagai cara, bisa dengan software seperti OpenCart, PrestaShop, VirtueMart,dll. Selain software, bisa dengan layanan blog gratis seperti Blogger, WordPress, dll. Atau bagi anda yang tidak mau ribet bisa dengan memanfaatkan layanan Shopify, tentu saja anda dikenakan biaya bulanan.

Apapun pilihan cara anda membuat toko online, yang perlu anda perhatikan untuk menarik pengunjung adalah desain dan fitur toko online anda. Desain berpengaruh besar pada hasil penjualan. Buatlah toko online anda seindah dan senyaman mungkin untuk dikunjungi. Penataan fiturnya enak dipandang, sehingga pengunjung bisa berlama-lama di online shop anda. Berikut tipsnya :

  • Pilihlah online shop template yang professional, perhatikan perpaduan warnanya.
  • Perhatiakan penataan display produk yanga anda tawarkan, berilah informasi yang lengkap tentang produk anda
  • Perpaduan fitur pendukung seperti navigasi, slideshow, banner, dll
  • Kejelasan cara belanja, cara pembayaran dan metode pengiriman
  • Widget kontak yang jelas untuk mempermudah pembeli menghubungi anda
  1. Pelayanan Customer Service

Pelayanan Customer Service diperlukan untuk memudahkan pelanggan anda bertanya kepada anda tentang berbagai hal terkait produk dan layanan toko online anda. Untuk toko online anda baiknya menjelaskan waktu dan jam buka toko online anda. Sehingga pelanggan tidak menghubungi anda diluar jam buka tersebut. Beberapa hal yang penting diperhatikan :

  • Cepat respon pesan dari customer anda
  • Menerima saran dan masukan dari customer anda
  • Mengucapkan ‘terima kasih sudah menghubungi kami’ sebelum membalas pesan dari customer
  • Mintalah maaf jika terjadi hal yang tidak diinginkan walaupun bukan kesalahan anda seperti keterlambatan paket sampai di alamat tujuan.
  1. Foto Produk Yang Menarik dan Berkualitas

Foto produk yang berkualitas andalah kunci sukses anda menjual produk anda. Berikut tipsnya :

  • Kualitas foto harus bagus / tidak pecah
  • Berilah tampilan foto dengan warna sebenarnya, jangan terlalu banyak diedit. Bisa sedikit diberi watermark biar lebih menarik. Tapi, selama warna foto dan warna aslinya tidak terlalu jauh berubah. Karena terkadang warna foto lebih gelap/lebih terang dari warna aslinya. Seringkali customer sedikit kecewa karena warna tidak sama persis seperti yang mereka bayangkan.
  • Lengkapi foto produk dari segala sisi (tampak depan, tampak belakang dan tampak samping)
  • Sebelum diupload sebaiknya foto dikompres agar tidak berat saat loading.
  1. Bangun Sistem Reseller

Reseller adalah orang yang membantu menjual produk anda dengan mendapatkan keuntungan dari diskon yang anda berikan. Reseller bisa mendongkrak penjualan anda. Keuntungan anda per item lebih sedikit tapi secara kuantitas produk anda terjual lebih banyak. Yang pasti buatlah ketentuan reseller yang jelas dan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Misal anda memberi batasan minimal order atau anda bisa menentukan menerima dropsipping atau tidak, dll.

  1. Belajar Internet Marketing SEO

Mengapa butuh belajar SEO? Karena 90% pengunjung berasal dari search engine. Sedikit banyak setidaknya anda harus mengerti tentang SEO karena manfaatnya sangat besar untuk menaikkan ranking toko online anda di search engine.

  1. Manfaatkan Secara Maksimal Media Sosial

Anda bisa memanfaatkan facebook, twitter, insagram, path, dll untuk mempromosikan produk anda dan mengarahkan pengunjung anda mengunjungi toko online anda.

Mungkin Anda juga tertarik untuk membaca Cerita-cerita Menarik yang ada di: Dunia Cerita

Reseller Vs Dropship

Reseller adalah orang yang menjual ulang suatu barang/produk. Sedangkan dropship adalah bisnis dimana anda meminta supplier/pemasok untuk mengirimkan barang/produk ke pelanggan anda. Persamaannya adalah sama-sama tidak memiliki barang/produk sendiri. Jika anda memiliki cukup modal anda bisa mulai bisnis online reseller, tapi jika anda tidak memiliki modal/sedikit modal anda bisa mulai dengan bisnis online dropship.

Kelebihan dan Kekurangan Reseller :

  1. Kelebihan :
  • Tahu stok barang : produk ada ditangan anda jadi anda tahu stok barang yang ada
  • Bisa menjalaskan kondisi barang dengan mendetail
  • Bisa menerima pelangga secara online maupun offline
  • Keuntungan dari diskon yang diberikan lebih besar
  1. Kekurangan :
  • Butuh modal tidak sedikit, biasanya sampai jutaan
  • Direpotkan dengan pengemasan barang dan pengiriman

Kelebihan dan Kekurangan Dropship :

  1. Kelebihan :
  • Modal sedikit
  • Tidak diribetkan dengan pengemasan dan pengiriman karena semua dilakukan supplier
  • Kapanpun dan dimanapun bisa dijalankan, komunikasi dengan pelanggan bisa dilakukan secara online
  1. Kekurangan :
  • Penghasilan kecil : diskon dropship biasanya lebih kecil
  • Tidak tahu kondisi barang : karena barang ada disupplier jadi anda tidak tahu persis kondisi barang yang anda jual
  • Tidak tahu stok barang : Stok barang tentu anda bisa tanyakan ke supplier, tapi kadangkala responnya lambat. Apalagi supplier memiliki banyak reseller atau dropshipper. Alhasil anda bisa kehilangan pelanggan anda.
  • Menghadapi komplain pelanggan : karena anda tidak tahu kondisi barang yang dikirim, maka anda akan kesulitan ketika menghadapi komplain dari pelanggan anda.

Untuk sukses memulai bisnis ini dibutuhkan kiat khusus. Berikut beberapa kiat yang akan membantu anda sebagai pebisnis pemula :

  1. Daftar Jadi Reseller atau Dropshipper

Anda bisa memilih menjadi reseller atau dropshipper sesuaikan dengan kemampuan anda. Untuk mendaftar jadi reseller atau dropshipper anda bisa mencarinya di toko online yang menyediakan layanan ini. Anda bisa bertanya kepada owner. Bahkan untuk toko online ada yang memasang halaman khusus program reseller atau dropship. Tidak semua toko online membuka peluang ini. Ada yang hanya membuka reseller saja, ada yang membuka dropship saja dan ada juga yang tidak menerima keduanya.

  1. Carilah Supplier yang Responsif

Carilah supplier yang responsif karena mereka akan memudahkan anda untuk menjalankan kedua program ini. Carilah supplier yang cepat tanggap terhadap pertanyaan-pertanyaan yang anda ajukan dan orderan anda Terutama jika anda memilih dropship, anda akan sangat bergantung dengan informasi yang diberikan supplier. Supplier yang responsif membuat anda nyaman dan tenang menjalankan kedua program ini. Anda bisa mengikuti program reseller dan dropship dari beberapa toko onlne, dengan begitu anda akan melihat supplier mana yang lebih responsif.

  1. Uji Coba Dulu Produk yang Akan Dijual

Kualitas produk yang akan anda jual harus anda perhatikan.Anda bisa membeli terlebih dahulu produk dari toko online yang akan anda ikuti programmnya. Dari transaksi ini, anda bisa mengetahui alur atau cara order dari toko online tersebut, kecepatan respon, kualitas produk, cara pengemasan produk, serta jasa pengiriman yang bekerja sama dengan toko online/ supplier tersebut.

  1. Membuat Perjanjian atau Kesepakatan Dengan Supplier

Banyak toko online yang menawarkan program reseller dan dropship. Masing-masing toko online memiliki syarat dan ketentuan tersendiri. Anda perlu perhatikan setiap poinnya, jangan hanya besaran komisi/diskon yang saja yang anda perhatikan. Kuatir ditengah jalan supplier mengubah ketentuannnya, buatlah kesepakatan di awal. Sehingga masing-masing pihak bisa saling bertanggung jawab dengan kesepakatan tersebut. Biasanya untuk dropship syaratnya lebih mudah. Anda toko online yang menentukan minimal order, ada juga yang tidak menentukan minimal order jadi order berapapun akan dilayani dan hanya menentukan minimal order untuk pembelian pertama. Carilah yang tidak menentukan minimal order.

  1. Bangun Hubungan dan Komunikasi yang Baik Dengan Supplier

Anda harus membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan supplier , terutama jika anda dropshipper. Komunikasi yang baik memudahkan anda melakukan order-order berikutnya. Jika komunikasi berjalan baik dan lancar, bisnis ini bisa anda lakukan bertahun-tahun.

Anda bisa memulai bisnis online dengan menjadi reseller ataupun dropshipper. Keuntungan yang didapatkan juga lumayan. Jika anda cukup jeli, pada akhirnya anda akan memiliki toko online dengan produk anda sendiri. Pengalaman anda menjadi reseller dan dropshipper ini akan bermanfaat nantinya untuk toko online produk anda sendiri.

Kunci Sukses Memulai Bisnis Toko Daring

Membuka toko online tampaknya mudah. Dalam menjalankan bisnis toko online anda, butuh komitmen, ketelatenan dan kerja keras. Berikut 11 kunci sukses toko online untuk mendapatkan hasil yang berlimpah :

1. Foto Produk

Foto produk anda haruslah asli. Buatlah tampilan foto produk semenarik mungkin. Jika menjual produk fashion anda bisa menampilkan foto produk anda dengan manekin atau jika usaha anda cukup berkembang anda bisa menggunakan jasa model dan fotografer. Perhatikan kualitas foto produk anda. Foto jangan terlalu kecil apalagi sampai gambarnya pecah. Foto harus cukup menarik perhatian dan minat calon customer anda. Bila perlu anda bisa menampilkan gambar produk tampak depan, samping dan belakang.

2. Informasi Produk Lengkap

Berikan informasi mengenai produk anda selengkap mungkin, baik dari segi bahan, ukuran, warna dan detail lainnya. Semakin lengkap semakin baik. Sehingga calon customer anda tidak perlu bertanya lagi kepada anda karena informasi cukup lengkap.

3. Kontak Yang Jelas

Berikan sebanyak mungkin alternatif kontak. Anda bisa berikan nomor handphone, PIN BlackBerry, alamat email, akun facebook, akun line, Yahoo Messenger, dll.

4. Respon Cepat

Saat calon pembeli menghubungi via telepon,message fb, SMS, BBM, atau YM jangan menunda untuk memberikan respon. Segera berikan respon jika kondisi Anda tidak sedang sibuk.

5. Respon Calon Pembeli Meski Terlambat

Meskipu terlambat cobalah untuk memberikan respon. Jangan diabaikan sama sekali. Jika anda abaikan, hal ini akan memberikan kesan negatif. Dan calon customer akan sungkan untuk order.

6. Miliki Banyak Rekening Bank

Berikan banyak alternatif rekening bank untuk melakukan transfer pembayaran.

7. Berikan Kepastian Dan Tepati

Transparansi mengenai stok barang yang dijual, kapan bisa tersedia dan kapan bisa sampai ke tangan mereka sangat diharapkan customer anda. Jangan mempermainkan customer dengan memberikan ketidakpastian informasi apalagi memberikan janji yang belum tentu bisa ditepati. Berikan nomor resi pengiriman barang agar customer bisa mengecek posisi paket kiriman mereka.

8. Petunjuk Pembelian Yang Jelas

Setiap toko online memiliki cara pembelian yang kadang berbeda. Buatlah tata cara order yang jelas. Sehingga customer lebih mudah untuk order.

9. Perincian Harga Barang Dan Ongkos Kirim

Berikan rincian harga barang dan ongkos kirim dengan jelas. Jangan sampai merugikan salah satu pihak.

10. Update Terus Menerus

Rajinlah untuk update produk. Makin sering anda update menunjukan bahwa toko online anda aktif.

11. Desain Dan Navigasi Yang Ramah

Desain dan navigasi website anda membuat betah calon customer anda. Perhatikan juga kemudahan mengakses website toko online anda. Bila perlu anda bisa menyiapkan versi mobile untuk website toko online anda. Sehingga bisa menjaring customer dari pengguna ponsel.

Ingin Tahu lebih lanjut cara mendesain Toko Online Anda? Silahkan Kunjungi Situs Produk Toko Digital Kami via: Sinda Harjaya Store

Trik Psikologis Menarik Minat Pembeli di Toko Online

Apakah anda merasa website toko online anda banyak yang mengunjungi tapi hanya sedikit konversi penjualan yang terjadi? Berarti banyak yang hanya lihat-lihat dan belum/tidak memutuskan untuk membeli. Apa masalahnya? Coba lakukan perubahan kecil ini pada website anda dan anda lihat bagaimana omzet penjualan anda akan meningkat. Lihatlah bagaimana para visitor/pengunjung akan berubah menjadi customer. Berikut 5 trik psikologis untuk meningkatkan omzet penjualan toko online :

  1. Kontras

Di internet, jika anda berhasil menarik perhatian pengunjung maka anda berpeluang besar mengubahnya menjadi penjualan. Gunakan efek kontras untuk meningkatkan penjualan di toko online anda. Ada beberapa efek kontras yang sering digunakan :

  • Menampilkan gambar sebuah produk lebih besar dari gambar produk lainnya. Satu perbedaan misalnya bentuk ataupun ukuran, akan menarik perhatian mengunjung untuk memperhatikan bentuk atau ukuran yang berbeda tersebut.
  • Membedakan warna nominal harga normal dengan warna nominal harga diskon. Biasanya warna nominal harga normal hitam dan dicoret kemudian warna nominal harga diskon diberi warna merah. Warna merah secara otomatis menarik perhatian pengunjung. Kontras warna ini juga menegaskan perbedaan antara harga normal yang lebih mahal dan harga diskon yang lebih murah.
  1. Mentalitas Kawanan

Mentalitas kawanan di era modern adalah perilaku yang berpedoman pada perilaku orang lain disekitarnya. Itulah mengapa anda sering jumpai orang membeli barang yang kadangkala tidak dibutuhkannya tetapi karena banyak yang beli maka jadi ikutan membeli. Ya, terutama kaum wanita nih… ada saja alasannya untuk membelanjakan uang. Okay, bagaimana memanfaatkan perilaku ini di dunia internet. Manfaatkan perilaku mentalitas kawanan di toko online anda, coba anda perhatikan di website E-commerce anda sering menjumpai area khusus untuk memajang “produk recommended”, “produk yang paling banyak dibeli”, “related product” atau “produk terlaris”. Entah itu dibagain samping, tengah ataukah bawah di website mereka. Ya, itu adalah trik yang memberikan sinyal bahwa banyak orang telah menggunakannya. Dan pengunjung akan tertarik juga untuk membeli produk yang ditawarkan area tersebut.

  1. Baru

Kata “BARU” memiliki magnet yang cukup kuat untuk menarik customer. Oleh karena itu anda sering menjumpai website toko online yang memasang halaman khusus untuk PRODUK TERBARU atau NEW ARRIVAL.

  1. Paradoks Pilihan

Berilah pilihan yang tidak terlalu banyak dalam satu halaman. Terlalu banyak yang anda tampilkan maka pengunjung anda akan mengalami kelelahan untuk melihat satu dengan yang lainnya. Dan terkesan rumit. Misal anda menampilkan 6-12 produk dalam 1 halaman itu lebih baik dari pada anda menampilkan 24-48 produk dalam 1 halaman terlebih gambarnya kecil-kecil. Semakin sedikit pengunjung akan lebih memperhatikan setiap item yang ditawarkan.

  1. Kelangkaan

Kelangkaan produk menuntun orang secara psikologis untuk takut kehilangan kesempatan. Trik kelangkaan yang bisa anda gunakan, diantaranya : cantumkan jumlah stok yang ada, produk dijual terbatas, limited design atau only 1 pc per desain. Maka orang akan belomba-lomba membeli produk anda.

Berbagai Cara Promosi Toko Online

Toko online saat ini banyak dilirik karena potensi penghasilan yang cukup menjanjikan. Jika dikelola dengan baik, toko online bisa menjadi bisnis yang sangat sukses. Namun tentu saja banyak pula yang gagal. Setiap usaha butuh kerja keras dan komitmen dalam menjalankannya. Banyak faktor yang menjadikan toko nline anda sukses atau tidaknya, salah saunya adalah promosi. Promosi yang tepat dan terarah akan mendatangkan banyak pengunjung ke toko online anda. Berikut ini berbagai cara promosi toko online yang dapat anda terapkan, diantaranya :

1. Facebook Ads

Promos berbayar di Facebook Ads sangat saya sarankan karena terbukti efektif. Keuntungan menggunakan Facebook Ads adalah mudah dijalankan, mudah melakukan pengaturan budget, bisa mengatur jadwal iklan dan bisa menentukan target market yang spesifik. Maka jika anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung dan menkonversi penjualan, pertimbangkanlah menggunakan Facebook Ads.

2. Google Adwords

Dengan menggunakan layanan iklan di Google Adwords anda bisa menempatkan iklan di hasil pencarian Google. Kampanye iklan ini dapat sangat tertarget karena didasarkan pada keywords/kata kunci yang orang gunakan dalam kotak penelusuran Google. Anda hanya akan membayar untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung dimana ini membuat Google Adwords sangat efektif dari segi biaya.

3. Bing ads

Bing Ads sama seperti Adwords tetapi ini ditawarkan oleh Bing dan iklan akan muncul dalam Bing dan Yahoo website dan website lain yang mengikuti program mereka. Bing Ads tidak seefektif Google Adwords tetapi ini masih layak untuk anda coba.

4. Blog

Ketiga cara promosi diatas adalah berbayar, jika anda ingin tanpa berbayar maka anda bisa mencoba blog gratisan. Dibutuhkan banyak usaha dan kerja keras untuk promosi melalui blog. Anda bisa membuat blog yang khusus membahas artikel-artikel produk yang anda jual, blog ini hanya diperuntukan untuk review produk yang anda jual saja serta segala sesuatu yang berkaitan dengan informasi detail produk-produk yang anda jual.

5. Newsletter dan Email Marketing

Pernahkah anda menjumpai website / landing page yang mengajak anda untuk memasukkan alamat email anda? Data email yang masuk itulah yang menjadi list building. List building bermanfaat bagi pemilik website untuk mengirimkan newsletter dan email marketing yang berupa penawaran, promosi produk terbaru, survei pelanggan, dll. Semakin banyak list building anda, semakin besar anda menarik pelanggan menuju website toko online anda dan berarti semakin besar peluang terjadinya penjualan.

6. Mobile App

Marketing mobile sedang meningkat dan sesuatu yang anda tidak bisa abaikan. Memiliki website yang user friendly terhadap pengguna mobile adalah suatu keharusan. Jika dilakukan dengan benar aplikasi mobile adalah cara yang bagus untuk meningkatkan brand awareness.

7. Market Place

Banyak sekali situs-situs market place yang bisa anda gunakan untuk media promosi secara online, selain gratis market place dapat meningkatkan pengunjung toko online anda dan bisa meningkatkan transaksi penjualan. Contoh market place : kaskus FJB (Forum Jual Beli), olx.co.id , bukalapak.com, dll.

8. Social Media

Selain Facebook ada jaringan sosial lain yang besar untuk mempromosikan toko online. Yang paling penting dan patut dicoba adalah: Twitter, Pinterest, Instagram, Google+ dan LinkedIn. Media sosial menjadi tren dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan, ketenaran media sosial bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan toko online anda, jika cukup modal anda bisa promosi di media sosial dengan berbayar agar target yang dicapai maksimal, atau jika tidak cukup modal anda juga bisa promosi secara gratis dengan cara : membuat fanpage, sering update status tentang produk yang anda jual, share testimoni produk, mengajak teman-teman anda untuk share, berbagi video, dll.

Strategi Mencari Supplier Produk Yang Terpercaya

Beberapa kendala yang sering dihadapi calon pebisnis toko online pemula, diantaranya : tidak memiliki modal, kesulitan menentukan barang yang akan dijual, belum menemukan supplier,dll. Jika anda memproduksi/mempunyai produk untuk anda jual di toko online anda maka anda tinggal mempromosikannya saja. Tapi apa jadinya jika anda ingin membuka toko online namun tidak punya produk sendiri? Maka anda bisa menjual produk orang lain. Nah, disinilah anda harus mencari supplier terpercaya untuk anda jual produknya. Bagaimana menemukannya? Berikut kiat mencari supplier produk :

  1. Bekerja Sama Dengan Supplier Langsung

Carilah supplier secara offline atau bertemu langsung. Tawarkan kerjasama. Supplier sangat menari orang yang ingin menjual kembali produknya. Carilah supplier tangan pertama sehingga anda mendapatkan komisi yang cukup besar karena harga yang diberikan cukup murah. Usahakan supplier satu kota dengan anda, dengan begitu anda akan mudah untuk mengontrol dan stok barang.

  1. Cari di Google

Jika anda tidak pandai bernegosiasi secara langsung anda bisa mencari alternatif supplier di Google. Pilihannya juga banyak. Saya sarankan carilah yang memasang iklan di google karena dengan memasang iklan menunjukkan bahwa supplier tersebut serius.

  1. Perhatikan Pelayanan Supplier

Anda harus memperhatikan pelayanan suplier anda karena seringkali dijumpai supplier yang kurang responsif. Jika responnya lambat maka usaha anda tidak akan berjalan baik. Carilah supplier yang memiliki respon pesanan yang cepat, mudah dihubungi, lancar komunikasi, memberikan dukungan kepada para reseller maupun dropshipper, bisa menangani pemesanan ke semua wilayah dan ramah.

  1. Bergabung di Komunitas Supplier

Dengan bergabung di komunitas supplier anda akan mendapatkan banyak sekali informasi, masukan dan anda bisa menemukan supplier yang anda cari. Anda bisa mulai menjalin kerjasama dengan mereka.

  1. Perhatikan dan Ikuti Ketentuan yang Diberikan Supplier

Anda harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang diberikan supplier anda. Anda pelajari dengan seksama, syarat dan ketentuan gunanya mengikat kedua belah pihak dan tidak merugikan salah sau pihak. Ikuti ketentuan yang telah diberikan karena anda mengharapkan kerjasama dapat berjalan untuk jangka waktu yang lama.

  1. Miliki Beberapa Supplier

Anda jangan hanya terfokus pada satu supplier saja. Carilah beberapa supplier produk. Selain bermanfaat untuk memvariasikan produk yang anda jual, ini juga berguna di waktu yang akan datang. Seiring waktu berjalan anda akan melihat supplier mana yang akan menjalin kerjasama jangka panjang dan mana yang hanya jangka pendek. Terkadang ditengah jalan supplier mengubah ketentuan, misalnya saat anda bergabung, anda tidak dibatasi minimal order. Seriring waktu berjalan, mungkin karena meningkatkan target penjualan maka supplier mensyaratkan minimal belanja sekian juta untuk sekali order. Bagi anda tentu ini menjadi tantangan sekaligus masalah baru. Tidak sedikit dari anda tentu keberatan dengan perubahan syarat tersebut dan akhirnya memutuskan mengakhiri kerjasama. Tapi jika anda sudah punya beberapa supplier, anda tidak usah kuatir karena toko online anda tetap bisa berjalan dengan supplier produk lainnya.

Cara Jitu Menaikkan Omzet Toko Online

Membuat toko online memang mudah, yang sulit adalah mendatangkan pengunjung dan memperbesar omzet penjualan toko online anda. Masalah ini akan mudah jika anda mempunyai strategi yang jitu. Berikut ini 7 cara jitu menaikkan omzet toko online :

  1. Mendapatkan Pelanggan Baru

Cara yang pertama tentu saja carilah pelanggan-pelanggan baru, semakin banyak customer anda maka potensi penjualan semakin besar. Jika anda berupaya meningkatkan omzet 100% maka setidaknya pengunjung toko online anda 2x lipat atau lebih dari biasanya. Anda bisa manfaatkan iklan untuk mendapatkan pelanggan baru. Misalnya facebook ads, anda akan mengeluarkan biaya tambahan untuk ini. Tapi lihatlah banyak pengunjung potensial dan tertarget datang ke toko online anda. Jika toko online anda berupa fanpage facebook, ini akan lebih mudah lagi. Pengunjung akan datang membanjiri fanpage toko online anda. Biaya yang anda keluarkan akan terasa kecil jika dibandingkan dengan keuntungan yang anda dapatkan.

  1. Perluas Pasar

Anda bisa menargetkan pasar yang lebih luas misalnya pasar luar negeri. Atau anda yang selama ini hanya menjual eceran bisa menargetkan pasar grosir.

  1. Menjual Lebih Banyak Kepada Customer Yang Sudah Ada

Anda boleh sibuk mendapatkan pelanggan baru, tapi anda juga jangan melupakan pelanggan anda sebelumnya. Anda bisa rutin mengirimkan kepada pelanggan anda newsletter secara berkala atau menawarkan produk dengan dengan harga khusus atau tawarkan promo khusus.

  1. Meningkatkan Pesanan Rata-rata

Tawarkan produk yang relevan dengan produk yang ada di cart customer anda. Misalnya customer akan order sandal pesta, maka anda bisa tawarkan tas pesta. Atau anda bisa pop up, misal saat customer akan checkout dengan belanja 200rb maka tawarkan disc 10% untuk pembelanjaan 250rb, dst.

  1. Ekspansi Produk

Ini adalah cara yang paling efektif, yaitu ekspansi produk. Anda bisa memperbanyak ragam produk yang ada di toko online anda. Anda bisa intip toko sebelah dan cari tahu produk yang lagi laris manis. Atau jika anda seorang reseller atau dropshipper maka anda bisa mencari supplier produk lainnya untuk memperbanyak produk yang anda awarkan. Ekspansi produk tentu saja membutuhkan riset pasar terlebih dahulu. Semakin banyak produk yang anda tawarkan maka semakin banyak pilihan yang dapat menarik minat customer anda.

  1. Tingkatkan Harga

Ini adalah konsep lama yang masih bekerja. Inilah cara meningkatkan penjualan toko online yang paling mudah dan menarik. Tingkatkan harga Anda dengan persentase yang sangat kecil. Tapi sebagai catatan, Anda tidak boleh seenaknya dalam menaikkan harga barang. Anda tidak harus melakukannya pada semua barang, cukup pilih produk tertentu saja. Tidak harus dalam jumlah besar. Jika Anda meningkatkan harga Anda di seluruh produk dengan 5 persen, pendapatan Anda naik sebesar 5 persen. Risiko kehilangan penjualan ada, tapi itu cukup kecil. Jika kenaikan sekitar 15 persen maka akan sangat mencolok, tetapi tidak untuk kenaikan kecil 1 sampai 5 persen.

  1. Kembangkan Program Reseller

Buatlah program reseller. Berikan syarat dan ketentuan yang mudah. Saat ini banyak sekali orang yang tertarik untuk menjadi reseller. Beri persentase komisi yang cukup kepada para reseller anda, agar mereka semangat dalam mempromosikan produk anda di media sosial. Dengan reseller anda akan lihat omzet toko online anda akan naik berkali-kali lipat.

Promo Menarik Untuk Toko Online

Sama halnya dengan toko offline, toko online (olshop) juga perlu membuat promo-promo yang menarik. Apalagi yang namanya perempuan klu sudah liat diskon promo matanya sudah berbinar-binar. Apasaja promo yang dapat anda tawarkan di toko online anda? Berikut beberapa promo yang menarik minat pembeli :

  1. Membership

Biasanya toko online menawarkan diskon khusus member sebesar 10%-15%. Sistem membership bermanfaat sekali untuk membangun daftar list pelanggan setia toko online anda. Anda juga bisa menawakan kemudahan lainnya untuk member anda.

  1. Diskon Event Tertentu

Diskon event tertentu seperti diskon akhir tahun, diskon lebaran, diskon belanja nasional, diskon 17 agustus, dll. Diskon diberikan untuk memperingati hari-hari tertentu. Atau bisa juga diskon khusus saat hari annivesary toko online anda. Biasanya diskon event tertentu sangat ditunggu-tunggu dan diskonnya cukup besar. Biasanya diskon mencapai 50%-70%. Untuk menyambut diskon ini biasanya proosi sudah dilakukan beberapa hari sebelumnya. Jadi pada saat hari H, para customer sudah banyak yang mengantri.

  1. Souvenir / Hadiah

Anda bisa memberikan souvenir/hadiah kepada customer anda. Misalnya hadiah goodybag untuk minimal nominal belanja yang telah anda tentukan. Souvenir lainnya bisa berupa notes, hijab, pin, dll.

  1. Voucher

Voucher belanja jug bisa menjadi promo yang menarik. Voucher biasa diberikan untuk member baru atau pengunjung yang meninggalkan alamat emailnya di website toko online anda. Bisa juga diberikan pada customer yang telah berbelanja nominal tertentu dan voucher dapat digunakan untuk belanja berikutnya.

  1. Buy 1 Get 1 Free

Anda tentu sering menemukan tulisan “Buy 1 Get 1 Free” di tenant-tenant di mall dan di pusat perbelanjaan lainnya. Ya, alih-alih memberikan diskon 50% lebih baik anda memberikan promo Buy 1 Get 1 Free. Kalau dihitung-hitung kan sama saja dengan diskon 50%, tapi anda lebih untung karena sama saja customer langsung membeli 2. Secara psikologis, Buy 1 Get 1 Free lebih menarik minat karena customer merasa untung. Anda juga bisa memanfaatkan metode promo ini di toko online anda.

  1. Gratis Ongkos Kirim

Gratis ongkos kirim/bea kirim, terdengar sederhana tapi berdampak cukup besar. Coba anda perhatikan, banyak customer yang hitung-hitungan soal bea kirim. Bahkan ada yang tidak segan-segan untuk minta gratis bea kirim. Anda bisa memberikan promo gratis ongkos kirim dengan nominal belanja tertentu.

  1. Member Get Member

Promo Member Get Member, dimana member toko online anda berhasil mengajak member baru dan member baru melakukan transaksi maka member yang mengajak akan mendapatkan komisi berupa persentase dari total pembelanjaan member baru tadi. Komisi jika sudah banyak bisa digunakan untuk berbelanja di toko online anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here