Tips Sukses Menggunakan dan Optimasi Email Marketing 2
Tips Sukses Menggunakan dan Optimasi Email Marketing 2

Dunia Cerita – Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran menggunakan email sebagai medianya, para pebisnis online paling banyak menggunakannya. Konsepnya seperti ini : internet marketer/pebisnis online mengirimkan email secara massal kepada calon customer ataupun orang-orang yang telah menjadi pelanggan/subscriber mereka.

Selain menggunakan Email Marketing, ada cara lain untuk meningkatkan Traffic Pengunjung website / Toko Online Anda: Tips Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung

Apa Itu Email Marketing?

Tips Sukses Menggunakan dan Optimasi Email Marketing 3
Tips Sukses Menggunakan dan Optimasi Email Marketing 

Seberapa pentingnya email marketing bagi pelaku bisnis online? Tentu saja memiliki andil besar dalam suksesnya bisnis online yang mereka jalankan. Manfaat email marketing diantaranya : mempromosikan produk/jasa yang mereka tawarkan, branding, kampanye yang berkelanjutan, membangun kepercayaan calon customer ataupun pelanggan, dll.

Pada dasarnya email marketing masih dimanfaatkan oleh sekelompok orang/segelintir orang saja yang benar-benar memahami manfaat besar dari email marketing tersebut. Diluaran sana masih banyak orang memandang email marketing sebelah mata, padahal bagi pebisnis online strategi menggunakan email marketing sangat efektif dan membuat perbedaan hasil yang cukup signifikan. Saat ini email marketing sudah mulai dikemas secara kreatif, unik dan menarik. Sehingga para pembaca akan tertarik untuk membaca informasi yang diberikan dengan baik.

Masih sedikit bingung dengan email marketing? Baik, pernahkah anda diminta mengisi alamat email anda ketika mengunjungi website tertentu? Kadang website tersebut memberikan anda e-book gratis syaratnya memberikan alamat email anda. Ya, jika anda pernah lakukan maka anda sudah masuk dalam list building dari pemilik website tersebut. Berikutnya setelah anda memasukkan alamat email anda maka anda akan menerima email secara kontinyu dari website tersebut. Baik itu email berisi informasi produk ataupun tawaran khusus lainnya. Email-email yang masuk itulah yang dinamakan email marketing. Ada yang mengirimkan email beberapa hari sekali atau ada yang memberikan email beberapa kali dalam sehari terutama jika ada promosi. Dengan memberikan alamat email anda, berarti anda telah menjadi calon customer dan pelanggan website mereka. Bagi para wanita, email marketing dari website belanja sangat ditunggu-tunggu karena biasanya menginformasikan promo-promo spesial atau bahkan mengirimkan voucher belanja.

Secara garis besar email marketing terdiri dari 3 kategori, yaitu :

  1. Email Promosi

Email promosi berisi promosi produk/jasa yang ditawarkan. Bisa berupa promosi produk baru, penawaran spesial, diskon, dll. Sebagian besar email marketing biasanya berisi promosi.

  1. Email Inspirasional

Email inspirational biasanya berisi kisah sukses ataupun studi kasus. Untuk produk digital, biasanya internet marketer akan mengirimkan email tentang studi kasus keberhasilannya. Seringkali memberikan beberapa contoh studi kasus gunanya membangun kepercayaan calon pembeli atau pelanggan dan tentu saja membatu mereka memnghadapi permasalahan yang sama untuk kasus tersebut. Dalam internet marketing sangat penting untuk membagi ilmu.

  1. Email Informasi

Memberikan informasi produk/jasa yang ditawarkan. Terkadang berupa pengenalan produk, manfaat produk, keunggulan produk, dll.

Cobain juga Tips ini: Cara Optimasi & Menggunakan Google Adwords Yang Benar

Fakta Tentang Email Marketing, Kamu Harus Tahu!

Sedikit banyak kalian sudah mulai mengerti tentang email marketing bukan? Berikut ini adalah fakta-fakta tentang email marketing yang akan membuat kalian berpikir pentingnya email marketing sebagai strategi jitu pemasaran bisnis anda. Berikut fakta-fakta yang kami peroleh :

  1. Penggunaan email marketing memiliki tingkat efektivitas 40 kali lebih baik daripada penggunaan kombinasi marketing Facebook dan Twitter (sumber : McKinsey & Company )
  2. Jumlah akun email di seluruh dunia diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari 4,3 miliar akun pada akhir tahun 2016. (sumber :  Radicati Grup)
  1. 53% email marketing dibuka melalui perangkat mobile (sumber : Campaign monitor)
  2. 23% dari pembaca yang membuka email marketing akan membukanya lagi nanti (sumber : Campaign monitor)
  3. Pembaca melalui pernagka mobile yang membuka email kedua kalinya dari komputer yang 65% lebih mungkin untuk mengklik. (sumber : Campaign monitor)
  4. 72% orang lebih memilih untuk menerima konten promosi melalui email, dibandingkan dengan 17% yang lebih memilih media sosial. (sumber : MarketingSherpa)
  5. Email marketing mendorong lebih banyak konversi daripada marketing channel lainnya, termasuk pencarian dan sosial. (sumber : Monetate)
  6. 4,24% pengunjung dari email marketing membeli sesuatu dibandingkan dengan 2,49% dari pengunjung dari search engine dan 0,59% dari media sosial. (sumber : Monetate)
  7. 57% dari pelanggan email menghabiskan 10-60 menit berada email marketing selama seminggu. (sumber : ChoozOn)
  8. 33% orang membuka email hanya berdasarkan pada subjectemail tersebut (sumber: Convinceandconvert.com)
  1. Email yang memuat tombol share ke akun media sosial memiliki CTR (click through rate) 158% lebih tinggi.
  2. Subject email yang ditujukan kepada personal (dan dengan sapaan personal kepada orang yang menerima email) memiliki kemungkinan 22,2% lebih besar untuk dibuka (sumber: Adestra).
  3. Pada email yang ditujukan untuk perusahaan B2B, subject email yang menggandung kata “uang”, “pendapatan”, dan “keuntungan” memiliki performa yang lebih baik (sumber: Adestra).
  4. Email yang dikirimkan pada hari Senin memiliki dampak yang lebih signifikan (sumber: Experian).
  5. 7 dari 10 orang mengatakan bahwa mereka menggunakan kupon atau diskon yang ditawarkan pada email marketing (sumber: 2012 Blue Kangaroo Study).
  6. 44% penerima email membeli produk yang ditawarkan dalam email marketing minimal satu kali setahun berdasarkan email promosi tersebut (sumber: Convinceandconvert.com)
  7. Memasukkan tombol call to action bukan link teks dapat meningkatkan tingkat konversi sebanyak 28%. (sumber : Campaign monitor)
  8. Subject (judul email) yang kurang dari 15 huruf memiliki kemungkinan 58% untuk dibaca (Sumber: Adestra).
  9. 91% konsumen membuka akun email mereka setidaknya satu kali sehari.
  10. Membuka akun, membaca, maupun menulis email adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan para pengguna smartphone usia 18-44 tahun.

Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis Online

Berikut beberapa manfaat menggunakan email marketing dalam bisnis online anda :

1. Langsung Menjangkau Costumer

Yup, dengan mengirim email maka informasi yang anda berikan langsung menjangkau costumer anda. Email sifatnya sangat pribadi dan tentu saja kiriman email anda akan langsung diterima oleh costumer anda. Apalagi saat ini email sudah bisa diakses melalui mobilephone bahkan lebih dari 50% email dibaca melalui mobilephone.

2. Bersifat Personal

Email marketing memiliki sifat personal atau pribadi dibuat dengan tujuan untuk memperoleh perhatian yang relative lebih besar dari para customer atau calon customer. Semua aplikasi, akun media sosial dan akun yang lainnya menggunakan email. Sehingga ketika anda promosi dan memberikan informasi melalui email, maka pesan yang diterima akan sangat bersifat personal. Terlebih, jika promosi yang anda tawarkan menarik dan relevan dengan kebutuhan calon customer dan pelanggan anda.

3. Membangun Hubungan Baik

Email sudah menjangkau daerah personal costumer anda, maka anda bisa membangun hubungan baik dengan costumer anda. Dengan email pula anda bisa lebih dekat seperti anda mengirim pesan kepada sahabat anda. Dan ini akan sangat disenangi oleh customer anda. Email marketing membantu anda membangun hubungan yang berkelanjutan, anda akan tetap bisa menjalin hubungn baik dengan juga menarik kedekatan dengan mereka yang sudah lama telah melakukan kerja sama dengan anda.

Email marketing dapat membantu mengubah customer pasif untuk menjadi customer aktif. Tak hanya untuk media promosi, email marketing juga dapat membangun hubungan baik (build relationship) dengan calon konsumen dan mempererat hubungan (sustaining relationship) dengan pelanggan setia anda. Konten email marketing tak harus selalu berisi promosi, anda juga bisa mengirimkan informasi penting, tips dan lainnya.

4. Infomasi Cepat Tersampaikan

Yup, informasi akan sangat cepat diterima. Sekali anda set up pesan email marketing anda dan kemudian kirim maka informasi langsung mereka dapatkan. Berbeda dengan anda menggunakan iklan dimana iklan memerlukan waktu untuk melihat audiencenya. Dengan menggunakan email marketing anda dapat menjangkau calon customer dimanapun mereka berada bahkan saat mereka di luar pulau atau luar negeri sekalipun. Sehingga mereka dapat melakukan booking atau pemesanan produk anda dengan segera setelah mereka menerima dan membaca email penawaran anda

5. Low Cost High Value

Email marketing bisa di bilang cukup murah dengan email marketing akan sangat menghemat uang anda dalam promosi. Cukup bayar jasa perusahaan maka anda bisa langsung menggunakan email marketing sepuasnya. Berbeda dengan iklan dimana ketika cost iklan anda habis maka anda harus menyediakan cost iklan lagi.

Untuk menggunakan email marketing memang membutuhkan jasa penyedia email responder. Namun, biaya yang Anda keluarkan tentu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan surat fisik dan iklan. Value yang akan Anda dapatkan dari email marketing juga akan lebih tinggi karena biasanya tingkat responsive direct mail biasanya lebih tinggi.

Jenis Email Marketing Bisnis

Berikut ini merupakan 5 jenis email marketing yang perlu anda ketahui dan bisa diterapkan pada bisnis anda, yaitu :

  1. Newsletter

Mengirim email marketing kepada pelanggan untuk mempromosikan produk atau jasa yang anda miliki. Cara seperti ini adalah jenis email newsletter. Sebelum anda menggunakan email newsletter untuk marketing, anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan anda mengirim email tersebut pada pelanggan anda. Untuk memudahkan membuat desain email newsletter, kini anda dapat menggunakan berbagai macam template newsletter yang sudah banyak tersedia.

Menggunakan email newsletter akan membeikan anda 3 keuntungan yaitu :

  1. Memberi informasi terbaru mengenai update bisnis yang anda miliki, seperti diskon, promo, survei dan sebagainya.
  2. Mengunjungi website atau blog toko online anda dari link yang ada pada newsletter anda
  3. Newsletter yang informatif akan membuat email anda dinilai positif oleh pelanggan dan anda akan mendapat respon yang positif pula terhadap website anda

 

  1. Digest Email

Digest adalah jenis email marketing yang secara otomatis akan dihasilkan oleh mailing list elektronik atau sering kita sebut software email. Dengan menggunakan jenis email marketing seperti ini, kita bisa menentukan periode email yang akan kita gunakan, misalnya setiap hari, minggu dan bulan, Email jenis ini juga bisa kita batasi penerimanya, misalnya 10 atau 100 dalam satu kali pengiriman pesan email.

Sebuah bisnis umumnya akan memiliki banyak data produk dan juga artikel yang berkaitan dengan produknya. Dengan digest email anda dapat menerima dan mengikuti atau menyelenggarakan kontes atau pertunjukan. Ketika anda mengikuti salah satu kontes, setiap minggu kontes tersebut akan mengirimkan email tentang kontes yang sedang berjalan. Inilah cara kerja digest email. Anda juga bisa melakukannya dengan kontes yang anda buat rencanakan sendiri. Digest email akan secara berkala mengirimkan email yang berisi informasi kontes kepada semua pelanggan anda yang mengikuti kontes yang anda buat tersebut.

  1. Follow-up

Jenis Email marketing ini merupakan beberapa serangkaian email yang dikirim kepada pelanggan dengan konten yang informatif dan dibuat sedemikian rupa. Email jenis ini memiliki manfaat menjaga pelanggan email anda tetap setia. Keunggulan jenis email marketing seperti ini, sangat dinantikan oleh pelanggan karena didalamnya terdapat informasi pelanggan yang dibutuhkan. Kelemahan email follow-up ini adalah bila tidak disegmentasikan, maka bisa membuat pelanggan lari dan meninggalkan anda.

  1. Sponsorship

Email sponsorship merupakan email yang biasanya digunakan pebisnis untuk mulai menjangkau pasar yang lebih luas. Untuk menggunakan email sponsorship, pebisnis diharuskan membayar supaya email bisa dimasukan kedalam salinan newsletter vendor lain. Biasanya email sponsorship diterapkan oleh perusahaan besar dengan jangkauan pasar yang cukup luas. Pebisnis punya opsi atau pilihan untuk mengikuti vendor mana yang menurut anda potensial menggiring pelanggan baru dan juga berpengaruh pada bisnis anda kedepannya. Dengan email ini pebisnis bisa lebih fokus pada penentuan segmen pasar yang spesifik untuk dijangkau.

  1. Transaksional

Email transaksional merupakan email yang muncul dan dipicu oleh suatu tindakan transaksi jual-beli dan mengharuskan customer menyelesaikan tindakan tersebut. Seperti email yang memberitahukan customer untuk menyelesaikan transaksi dari order yang telah dilakukan. Berisi rincian belanja, pemberitahuan harga, pemberitahuan data login sebagai member, dan lain sebagainya. Salah satu keuntungan dari adanya email transaksional ini adalah jumlah pageview dalam sebuah bisnis dapat meningkatkan dan bertumbuh.

Desain Email Marketing Mobile Friendly

Dalam mendesain email marketing, anda harus dapat memberikan suatu kesan untuk menarik perhatian pembaca. Dengan tampilan mobile friendly maka email marketing anda bisa membuat tujuan anda untuk menarik customer dan pengunjung bisa tercapai dengan maksimal. Salah satunya prinsip persuasif, jika anda menawarkan sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca maka pembaca akan melakukan tindakan berikutnya yaitu membaca lebih lanjut dan melakukan klik pada link apapun. Dalam hal ini membuat sebuah email membutuhkan desain yang responsif sebab hampir semua email sekarang dapat diakses melalui perangkat mobile. Berikut ini aturan yang harus ada dalam mendesain sebuah email yang mobile friendly :

Transparansi
Saat mendesain periksa kembali pada subjek, nama pengirim, dan preheaders yang digunakan. Cara pertama untuk membuat email marketing yang mobile friendly adalah dengan menampilkan nama anda pada notifikasi email di layar smartphone mereka. Dengan adanya nama yang dikenal maka anda akan berpeluang besar untuk membuat penerima email membuka dan membaca email marketing yang anda kirim. Tempatkan informasi penting pada bagian atas email, saat pembaca menatapnya pertama kali pembaca akan langsung mengetaui informasi penting, manfaat membacanya dan tidak mengabaikan email anda. Email marketing yang mobile friendly haruslah menampilkan pre-header. Mengapa demikian? Sebab dengan pre-header penerima email akan dibantu mengenali email anda lebih awal sebelum mereka mengenali anda dari nama pengirim dan subject email. Untuk menarik dan membuat penerima lebih antusias melihat dan membaca email anda, anda bisa menuliskan sesuatu yang kreatif dan unik pada pre-header email marketing. Contoh ini menunjukkan di mana nama pengirim dalam font besar, subjek jelas dan manfaat dari membaca tersampaikan dengan jelas.

Gunakan Pola Konvensional
Pastikan untuk membuat tombol besar yang mudah diklik dan ditekan/ditap pada link. Untuk penempatan link, pastikan warnanya kontras dan menonjol dengan tulisan yang lain. Jangan pernah menaruh link berdekatan karena akan menganggu satu sama lain apabila pembaca ingin mengklik. Anda dapat menggabungkan link dengan informasi lain yang memberikan manfaat. Berikut contoh yang baik dengan penggunaan warna-warna berani dalam link email untuk mendapatkan perhatian pembaca.

Ulangi Item “Call to Action”
Item call to action baiknya diletakkan di awal email dan di ulang lagi di tengah atau di akhir email, hal ini akan membuat pembaca lebih mudah untuk melakukan tindakan. Contoh pada newsletter dibawah ini, email MailChimp mengulangi call to action di bagian atas dan kemudian di bagian bawah.

Minimalis
Fokuslah pada informasi yang penting dan menarik. Pembaca hanya akan membaca email untuk hal-hal yang menarik dan relevan dengan kebutuhan mereka. Jangan menggunakan text yang panjang, karena text panjang paling malas untuk dibuka pembaca dan bahkan mereka akan mengirim email tersebut dalam tempat sampah.

Batasi Jumlah Informasi
Sebaiknya informasi yang diberikan sampaikan secara bertahap, jangan semua diinformasikan pada satu email. Informasi yang diberikan secara bertahap dan reguler akan membuat lebih mudah diterima. Terutama untuk email promosi, biasanya dilakukan sangat gencar. Untuk beberapa promosi sebaiknya kirimlah email yang berbeda sehingga lebih mudah dipahami dan dimengerti terhadap promosi yang anda lakukan.
Perhatikan Desain Template
Anda harus perhatikan desain template yang sesuai untuk mobile phone. Perubahan sederhana akan berpengaruh besar pada respon terhadap email anda. Contohnya dengan ukuran gambar, peletakan ikon media sosial, dll.

5 Kunci Rahasia Tampilan Email Marketing yang Menghasilkan

Email marketing merupakan salah satu stategi marketing yang efektif untuk meningkatkan konversi penjualan dan sangat efeisien dari segi waktu dan pendanaan. Pebisnis online yang sukses hampir semuanya memanfaatkan strategi email marketing. Dampaknya , website anda akan mendapatkan traffic yang kontinyu, pelanggan anda akan terus mendapatkan info terupdate tentang bisnis anda, hadirnya pelanggan-pelanggan setia anda, dll. Nah, apa rahasianya agar email yang anda kirim menghasilkan? Berikut 5 kunci rahasia tampilan email marketing yang menghasilkan :

  1. Buat Headline/Judul yang Menarik

Judul dan headline yang menarik menjadi kunci rahasia pertama anda untuk menarik perhatian calon customer dan pelanggan anda. Dengan judul/headline yang menarik dan menonjol serta mengundang rasa penasaran akan membimbing meeka untuk membaca email yang anda kirimkan. Untuk itu anda harus kreatif mencari variasi kata yang mengundang keingitahuan mereka.

Untuk judul jangan terlalu panjang, cari kata-kata yang singkat dan mengena bagi mereka. Misalnya : Buruan!!!, Anda harus baca ini!!!, Kesempatan Terakhir…, 2 jam saja…, Telah Dirilis…, dll.

  1. Desain/Tampilan yang Berkesan

Setelah pembaca anda masuk ke email yang anda berikan maka kunci berikutnya adalah desain/tampilan yang berkesan. Tampilan akan mengisayaratkan mereka untuk membaca email yang anda kirim. Visualisasi desain sangat berperan disini. Perpaduan gambar dan tulisan perlu diperhatikan dengan seksama. Yang paling penting tulisan jangan terlalu panjang, pembaca paling sebel lihat tulisan yang terlalu panjang. Tidak jarang email anda akan langsung mereka tutup meskipun isi email yang anda sampaikan bermanfaat. Pembaca paling senang dengan gambar. Misalnya : email promosi diskon penawaran khusus, bisa dengan sedikit kalimat tapi yang lebih diutamakan gambar yang menarik.

  1. Konten yang Menghasilkan Konversi

Kunci ketiga adalah konten. Jika email informasi maka berilah konten yang bermanfaat bagi pembaca sehingga akan mengarahkan pembaca mengunjungi website anda dan traffic website anda pun meningkat. Jika email promosi maka anda butuh strategi khusus agar konten meghasilkan konversi. Untuk e-commerce biasanya memberikan promosi diskon khusus dan voucher. Rahasia konten yang dapat mengkonversi adalah batasan dan urgensi. Berilah batasan dari segi waktu dan jumlah produk. Misalnya : Gawat!!! Kesempatan tinggal hari ini…, Hanya tinggal 10 produk lagi…., dll. Berikutnya urgensi, semakin mendesak maka calon customer anda semakin cepat mengambil tindakan. Jika tanpa urgensi, maka mereka akan berpikir ah nanti saja dan akhirnya tidak jadi membeli produk yang anda tawarkan.

  1. Penempatan URL

Kunci keempat adalah penempatan URL. Penempatan URL sangat penting, ada tiga posisi yang bisa anda jadikan tempat penempatan URL, yaitu : di awal/pembukaan, di tengah/ isi, di akhir/penutup. Biasanya yang paling baik itu di bagian awal dan akhir. Anda bisa meletakkan URL di awal dan di akhir sekaligus. Jangan lupa beri warna URL link anda berbeda dengan warna teks isi konten anda sehingga URL link anda lebih mudah di klik pembaca.

  1. Template Email

Kunci kelima adalah gunakan template yang komposisinya tetap untuk email marketing.

Perbedaan Landing Page, Squeeze Page dan Sales Page

Anda bingung dengan istilah-istilah di dunia internet seperti Landing Page, Squeeze Page dan Sales Page? Teus bagaimana membedakan ketiga halaman tersebut? Baiklah beikut ini penjelasan perbedaan ketiga istilah tersebut, biar anda tidak bingung lagi.

Landing page, squeeze page dan sales page intinya adalah sama, hanya saja perbedaannya terletak pada tujuan pembuatannya. Landing page adalah tempat pengunjung membaca penawaan dari produk yang anda tawarkan bisa pada homepage atau halaman lainnya. Sesuai namanya, ini adalah tempat dimana pengunjung pertama kali landing/mendarat. Landing page harus yang sepersuasif mungkin, karena kita menginginkan pengunjung untuk masuk ke offer page atau memberi leads. Landing page biasanya bertujuan untuk menarik perhatian pengunjung, biasanya pengunjung diarahkan untuk melakukan action/tindakan berupa order, subscribe, isi survey dan lain sebagainya.

Squeeze page dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan prospek seperti data email dan lainnya. Squeeze page adalah halaman yang mendorong pengunjung untuk memberikan alamat emailnya biasanya di dalamnya terdapat opt-in newsletter. Kalau squeeze page kita adalah tempat pertama kali pengunjung mendarat, berarti squeeze page kita adalah landing page juga. Dan kalau landing page kita ada fasilitas opt-in nya, berarti landing page kita juga merupakan squeeze page.

Sales page dibuat dengan tujuan untuk memberikan sebuah penawaran produk/jasa yang disertai form order. Biasa kita kenal dengan sales offer. Sales page biasa digunakan untuk pemesanan barang yang memerlukan data dari calon customer. Sales page biasanya berada di akhir perjalanan pengunjung. Disinilah terjadi konversi penjualan.

Landing Page dalam sebuah penawaran bisnis di internet adalah hal yang mutlak. Landing page akan memberikan anda kemudahan dalam menangkap data costumer seperti data nama dan email. Untuk itu keprofesionalan dan keeleganan sebuah Landing Page akan sangat menentukan keberhasilan dalam sebuah promosi. Sebesar apapun traffic website anda jika landing page anda tidak professional maka anda akan kehilangan sebagian besar traffic dan konversi penjualan anda jauh dari harapan.

Keberhasilan sebuah Landing Page harus meliputi:

  • Mudah di Setup dan sangat nyaman untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
  • Proven dalam menangkap informasi pengunjung dengan opt-in.
  • Mempunyai puluhan template berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • Desain template disesuaikan dengan bisnis lokal.
  • A/B testing untuk mendapatkan landing page dengan konversi tertinggi.
  • Countdown timer untuk memicu urgency pengunjung segera melakukan action.

Inilah beberapa hal yang wajib dalam sebuah landing page agar bisa mendapatkan costumer yang lebih banyak dan tentunya akan membuat bisnis anda semakin besar. Gunakan landing page yang berbeda untuk setiap promosi. Jika ingin mendapat banyak pemasukan, buat halaman arahan khusus untuk poduk-produk yang dipromosikan dan halaman arahan tersebut tidak harus melalui homepage website.

Tanya Jawab 

Bagaimana membangun Contact List untuk program email marketing?
Mulailah dengan daftar kontak bisnis anda. Bisa juga menambah jumlah daftar kontak melalui menu pada website anda untuk Join Member atau Sign Up Free Newsletter. Tawarkan sesuatu yang bernilai bagi pengunjung dan pelanggan website anda.

Konten bermanfaat seperti apa yang bisa diberikan di email marketing?
Apa saja, bisa berupa artikel, tips, diskon spesial, voucher, video training, tutorial, ebook, katalog, studi kasus apapun dapat anda kirimkan ke pelanggan atau calon customer anda.

Apakah saya perlu menggunakan jasa autoresponder?
Jika anda memiliki bisnis online maka… ya, anda harus menggunakan jasa autoresponder. Membangun list dan email marketing adalah salah satu cara tercepat dan terefisien untuk memberikan produk dan infromasi anda kepada calon customer dan pelanggan anda.

Bagaimana mendapatkan hasil yang makismal dari autoresponder?
Untuk menggunakan autoresponder anda perlu membangun list opt-in. Ini biasanya dilakukan dengan memberikan informasi yang berharga dan berguna secara gratis, tapi memerlukan pengunjung anda untuk memberikan alamat email mereka sebelum mereka memperoleh informasi tersebut (misal menggunakan squeeze page). Teknik lain untuk membangun list adalah dengan mengumpulkan alamt email ketika pengunjung anda melakukan pembelian di website anda.

Bagaimana jika memiliki database Contact List yang berjumlah puluhan ribu?
Semakin banyak jumlahnya semakin baik, anda dapat mengimpor data ke aplikasi email marketing. Data yang sama akan otomatis tersaring dan data yang tidak valid akan terhapus. Lebih baik memiliki 5 ribu member valid dibanding 10 ribu yang tidak valid kan? Kemudian alamat email yang bouncing (mental tidak terkirim) dan unsubscribe (keluar dari member) juga akan tercatat sehingga anda memiliki data yang update dan pengiriman email anda bekerja efektif.

Sebenarnya berapa orang jumlah Contact List yang ideal?
Untuk jumlah tidak ada batasan. Semakin banyak yang mengetahui dan merespon artikel dan promo anda tentu semakin baik. Semakin besar jumlahnya semakin besar peluang keuntungan yang akan anda dapatkan, karena semakin banyak traffic potensial.

Apakah penerima email marketing perlu dibuat  target segmen tertentu?
Jika anda sudah memiliki daftar Contact List yang dipisahkan berdasarkan kategori, ini lebih bagus. Jika belum, anda dapat membuat Custom Field melalui aplikasi email marketing untuk keperluan ini.

Apakah email marketing bekerja otomatis?
Ya, email terkirim otomatis mengikuti daftar Contact List yang anda masukkan sebagai database. Email juga dapat dikirim otomatis mengikuti jadwal agenda yang telah anda tentukan.

Apa fitur yang ada dalam aplikasi email marketing?
Secara garis besar, menu yang ada terdiri dari menu untuk mengelola database / contact list, membuat bahan email marketing (Text & HTML Editor), menu Custom Field dan menu laporan pengiriman email.

Apa beda Spam Email dan Email Marketing?

List subscriber email

  • Spam email: didapatkan tanpa izin dan tanpa sepengetahuan pemilik alamat email. Biasanya didapatkan dengan membeli data, mencuri data, atau crawling/mengumpulkan secara otomatis
  • Email marketing: pemilik alamat email dengan sadar memberikan emailnya

Isi email yang dikirim

  • Spam email: mass email (broadcast), isinya seringkali tidak relevan
  • Email marketing: personalisasi (bisa disapa sesuai nama), isinya sesuai dengan yang kita inginkan

Jika merasa terganggu dengan email yang dikirimkan?

  • Spam email tidak bisa berhenti menerima email spam itu, karena tidak ada mekanisme untuk menghentikannya. Kita hanya bisa menekan tombol mark as spam
  • Email marketing: bisa berhenti kapan pun dengan mengklik tombol unsubscribe atau berhenti berlangganan

Dasar hukum

  • Spam email: melanggar hukum diberbagai negara
  • Email Marketing: tidak melanggar hukum

Mau sukses optimasi Facebook Ads dan Tingkatkan Traffic & Profit Penjualan Bisnis Online Anda? Coba Lakukan Cara dalam Tips ini: Kunci Sukses Optimasi Facebook Ads

3 Autoresponder Untuk Email Marketing

Apa itu autoresponder? Autoresponder adalah program internet yang berperan menangkap data pengunjung dan melakukan follow up dengan mengirimkan email secara berkala yang disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Provider Autoresponder pun jumlahnya cukup banyak, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Anda tinggal mendaftar di provider autoresponder saja dan mengikuti panduan penggunaan sesuai dengan tutorial yang disediakan di website masing- masing provider. Berikut 3 autoresponder yang saya sarankan :

  1. AWeber

AWeber adalah sebuah perangkat lunak email marketing yang sangat populer di kalangan pemasar digital termasuk di Indonesia. Memiliki fitur yang mudah digunakan perangkat lunak ini telah berkembang menjadi alat yang sangat berguna bagi pemula dalam hal marketing. Jika anda sedang mencari solusi lengkap untuk mengembangkan pemasaran dengan email marketing melalui update berkala maka AWeber adalah autoresponder yang bisa jadi pilihan anda.

Kelebihan AWeber :

  • Autoresponders, secara otomatis menjadwalkan pesan ke pelanggan email anda.
  • Dukungan Customer Service 24 jam 7 hari dalam seminggu
  • Set up mudah, setup account intuitif untuk membuat daftar email pertama anda, bentuk web, dan pesan autoresponder. Email juga dapat diimpor dari akun lain pihak ketiga
  • Basis informasi luas, mulai dari video langkah demi langkah, webinar, posting blog, dan panduan pemasaran email untuk pelanggan.
  • RSS to Email , fitur ini adalah penghemat waktu yang sangat besar. AWeber secara otomatis dapat mengambil posting blog terbaru anda melalui RSS feed dan mengirimkannya ke pelanggan anda pada jadwal yang ditetapkan.
  • Desain email mobile friendly , saat ini sebagian besar email dibuka melalui ponsel. AWeber menawarkan lebih dari 600 ponsel responsif template email untuk pelanggan. template responsif secara otomatis mengubah ukuran email agar sesuai dengan layar ponsel pelanggan anda.
  • Built-in Integrasi dengan Optin Plugins
  • Built-in Integrasi dengan Rainmaker Platform
  • Email Designer , menyesuaikan newsletter email atau posting yang cocok merek website anda.
  • Aplikasi di Google Play dan Apple App Store , pasang aplikasi seluler AWeber gratis untuk melacak dan memperbarui akun aweber anda dari ponsel anda.
  • Penawaran harga berdasarkan jumlah pelanggan
  • Akurat pelacakan dan pengawasan
  1. Get Response

Kelebihan Get Response adalah desainnya yang intuitif dan dapat membuat newsletter email menjadi cantik dan menarik. Mereka memiliki berbagai desain template yang memungkinkan penggunanya menggunakan kreativitas mereka dalam membuat desain email mereka sendiri dalam mempromosikan merek dan bisnis. Kelebihan Get Response :

  • Desain email yang responsif
  • Memblokir fitur untuk menambahkan teks dan tombol
  • Menyimpan bagian yang tidak berarti dan history email
  • Memiliki banyak template agar membuat newsletter email lebih mengesankan dengan lebih dari 1000 gambar iStock.
  • Dasar landingpage Creator untuk setiap pengguna
  • Desain email responsif dengan mobile phone
  • berbagai pradesain Template
  • fungsi autoresponder
  • RSS ke Newsletter option
  • Berbagai jenis sign up
  • Split Testing Function
  • Sharing Social Media
  • Mudah untuk mengimpor data dari layanan email lain
  • Memungkinkan untuk segmen pelanggan
  • Laporan Analytics mendalam
  • Customer Support 24/7
  • Harga bervariasi sesuai jumlah pelanggan
  1. iContact

iContact mudah digunakan dengan berbagai fitur bisnis untuk meningkatkan daftar pelanggan. iContact cocok untuk semua level bisnis bahkan cocok juga untuk peusahaan non profit dan institusi pendidikan.

Ketika membuat pesan, pengguna dapat memilih antara salah satu template iContact atau membangun pesan unik menggunakan HTML. iContact menawarkan tools untuk mengelola daftar email yang mencakup manajemen langganan, upload pelanggan secara massal, dan drag-and-drop sign-up form builder. Fitur lain termasuk SpamcheckTM, sistem review yang menjamin setiap email mencapai kotak masuk. Laporan menampilkan lagu pesan secara real-time dan memungkinkan pengguna untuk dengan cepat melihat hasil pemasaran dari pelacakan gambaran besar, perilaku klik individu.

Fitur media sosial memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan pesan di Facebook, Twitter dan LinkedIn. Pengguna dapat menambahkan tombol share sosial untuk email dan peningkatan jangkauan, serta menyertakan formulir pendaftaran di halaman Facebook untuk mengubah fan yang ada ke dalam list  kontak email.

6 Tips Sukses 

Email marketing sebagai strategi pemasaran yang dapat menghasilkan ROI (Return Of Investment) tinggi, butuh kerja keras dan upaya yang berkesinambungan untuk mewujudkannya. Tips sukses email marketing tentu saja ada, jika orang lain bisa sukses menjalankannya maka anda juga pasti bisa.  Berikut ini 6 Tips Sukses Email Marketing :

  1. Komunikasi yang konsisten
    Email marketing tujuannya salah satunya adalah membangun komunikasi dua arah. Jadikan sebagai sarana interaksi untuk dekat dengan calon customer atau pelanggan anda. Dengan rutin berkomunikasi dengan pembaca anda maka peluang sukses email marketing anda semakin besar. Pada email marketing anda bisa cantumkan alamat website, media sosial anda dan email anda untuk berdialog. Email marketing merupakan sarana yang bagus untuk membangun kepercayaan pembaca terhadap anda dan apa yang anda tawarkan.
  2. Buat database
    Buatlah database penerima email anda/list building. Ini akan memudahkan anda menjalankan bisnis anda. Apapun yang anda tawarkan anda butuh list building. Semakin besar jumlahnya maka semakin besar pula potensi keberhasilan anda. Bahkan sangat bermanfaat untuk penjualan produk anda yang berikut-berikutnya juga.
  3. Fokus pada konten

Hindari hard selling secara terus menerus dan email dengan konten-konten berulang. Pembaca anda akan bosan jika di hujani konten berulang dan terus menerus promosi. Sesekali berikan konten berupa artikel yang berguna bagi mereka, berikan e-book gratis, video studi kasus, dll.

  1. Otomatiskan dengan autoresponder
    Otomatiskan pengiriman email marketing, anda bisa gunakan autoresponder. Anda bisa melakukan penjadwalan pengiriman email. Aturlah sedemikian rupa sehingga jadwal pengiriman sesuai dengan target yang anda inginkan. Pelajari jam-jam dan hari-hari terbaik mengirim email dan jeda waktu pengiriman email. Semakin anda mahir semakin anda mengerti ada waktu-waktu tertentu dan terbaik untuk mengirim email promosi ataupun email infomasi. Semakin anda paham semakin besar konversi yang anda dapatkan.
  2. Pastikan masuk ke inbox
    Hindari kata freeofferdan kata-kata lain yang banyak digunakan spammer. Pastikan email yang anda kirim masuk ke inbox pembaca anda. Jangan sampai email yang anda kirimkan lari ke spam. Rahasianya agar email anda hanya terkirim ke inbox adalah dengan konfirmasi email. Biasanya ketika anda mengunjungi website tertentu kemudian diminta mendaftar/sign up maka website akan mengirimkan konfirmasi ke email kita dan anda tinggal klik link konfirmasi. Nah, itu adalah cara untuk memastikan agar email-email yang website mereka kirimkan nantinya stand by di inbox anda.

6. Gunakan Social Share

Saat ini banyak tool email marketing yang memiliki plugin social share. Pastikan anda untuk menggunakan tool ini. Saat pembaca membaca konten yang anda kirimkan dan mereka menyukainya, mereka dapat membagikannya secara cepat dan otomatis.

Dapatkan Produk Digital yang kami rekomendasikan untuk membantu meningkatkan Profit Penjualan Bisnis Online Anda di: Toko Digital Sinda Harjaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here